KUALITAS LAYANAN SIAP ANTAR TILANG KE RUMAH DENGAN CEPET  “SI ANTI RIBET” DI KEJAKSAAN NEGERI KOTA SURABAYA

  • Alfian jatikusumo sudjadi putro

Abstract

Abstrak  

Sebagai badan penegak hukum, Kejaksaan Negeri Kota Surabaya menyediakan pelayanan terkait dengan pelaksanaan penegakan hukum baik preventif maupun yang berisikan keadilan dibidang hukum.Selain itu Kejaksaan juga memiliki wewenang dalam penyediaan pelayanan dibidang hukum bagi masyarakat.Salah satunya melalui layanan “SI ANTI RIBET”. “SI ANTI RIBET” merupakan layanan pembayaran dan penebusan surat tilang dengan cepat yang bertujuan agar dapat memotong proses birokrasi yang menghambat pelayanan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan “SI ANTI RIBET” di Kejaksaan Negeri Kota Surabaya.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 dimensi kualitas pelayanan menurut Zeithaml dkk (1990) dalam Hardiyansyah (2011:47) Tangible, Reliable, Responsiveness, Competence, Courtesy, Credibility, Security, Access, Communication, Understanding the customer. Lokasi penelitian yaitu Kejaksaan Negeri Kota Surabaya.Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, Purposive sampling dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan “SI ANTI RIBET” di Kejaksaan Negeri Kota Surabaya sudah baik. Namun masih terdapat masalah seperti penyediaan motor bagi petugas penggiriman berkas, peralihan berkas tilang dari pengadilan kepada kejaksaan yang sering terlambat dan menghambat pelayanan. Selain itu, sosialisasi harus melibatkan masyarakat kota Surabaya agar masyarakat dapat mengetahui layanan. Saran yang diberikan peneliti ialah meningkatkan sosialisasi dengan melibatkan beberapa pihak dan penyediaan wadah bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan ataupun saran.

Kata kunci :Pelayanan,  “SI ANTI RIBET”, Kualitas

Published
2018-02-15
Section
Articles
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 109