ANALISIS KEBERHASILAN INOVASI PELAYANAN PAKET HEMAT 1   (PENERBITAN AKTA KELAHIRAN DAN KARTU KELUARGA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURABAYA

  • Vania Pravijanti

Abstract

Abstrak

Inovasi pelayanan Paket Hemat 1 merupakan sebuah pelayanan dalam menerbitkan akta kelahiran dan kartu keluarga sekaligus dalam sekali pelayanan dan dapat diakses melalui beberapa fasilitas kesehatan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Inovasi ini merupakan pembaharuan dari layanan penerbitan akta kelahiran yang sebelumnya dinilai belum efektif dan efisien bagi masyarakat Kota Surabaya. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor keberhasilan inovasi pelayanan Paket Hemat 1 di Dispendukcapil Kota Surabaya. Jenis penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yakni kombinasi antara teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada inovasi pelayanan Paket Hemat 1 sudah memiliki faktor-faktor keberhasilan inovasi (Innovation Success Factors) menurut Cook, Matthews, dan Irwin (dalam Grisna dan Wawan, 2013) yang terdiri dari Leadership, Management/Organization, Risk Management, Human Capital, dan Technology, sehingga dapat dikatakan berhasil walaupun masih memiliki kendala dalam pelaksanaannya. Saran yang dapat diberikan yaitu dengan terus berusaha semaksimal mungkin dalam meningkatkan kualitas pada inovasi pelayanan Paket Hemat 1.

Kata kunci: Pelayanan Publik, Inovasi, Paket Hemat 1.

Published
2018-03-15
Section
Articles
Abstract Views: 307
PDF Downloads: 521