PELAYANAN PRIMA PROGRAM SAGASIH (SAPA KELUARGA DENGAN KASIH) DI PUSKESMAS KANOR KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO

  • DINA SRI ANITA
  • INDAH PRABAWATI

Abstract

ABSTRAK PELAYANAN PRIMA PROGRAM SAGASIH (SAPA KELUARGA DENGAN KASIH) DI PUSKESMAS KANOR KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO Nama :Dina Sri Anita NIM :14040674013 Program Studi :S1 Ilmu Administrasi Negara Jurusan :Administrasi Publik Fakultas :Ilmu Sosial dan Hukum Nama Lembaga :Universitas Negeri Surabaya Pembimbing :Indah Prabawati, S.Sos., M.Si. Program Sagasih (sapa keluarga dengan kasih) merupakan program dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro berupa gerakan kasih sayang yang dilakukan dengan kunjungan rumah/keluarga dengan masalah kesehatan tertentu dan tidak memiliki biaya untuk berobat. Program ini memiliki tujuan yaitu menyelesaikan masalah kesehatan untuk mewujudkan kemandirian individu, keluarga, masyarakat sehingga mencapai derajat kesehatan yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pelayanan Prima Program Sagasih di Puskesmas Kanor Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Pelaksana Program Sagasih adalah seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Bojonegoro, Tim Sagasih desa dan Lintas sektor (Dinas Sosial, Tentara, dan Polisi).Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Staf (Pegawai) Dinas Kabupaten Bojonegoro selaku pembuat dan penanggung jawab Program Sagasih, Tenaga Medis (Dokter, Perawat, danBidan) Puskesmas Kanor selaku penyedia pelayanan program Sagasih dan masyarakat penerima pelayanan program Sagasih. Dengan menggunakan empat variabel yaitu Sikap (Attitude), Perhatian (Attention), Tindakan(Action), Antisipasi(Anticipation).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelayanan Prima Program Sagasih di Puskesmas Kanor, pada proses pelayanannya sudah berjalan baik , meskipun masih terdapat kendala. Hal tersebut diketahui melalui konsep Sikap dalam pelayanan Program Sagasih sudah memberikan pelayanan yang baik, ramah, sopan, dan santun. Konsep Perhatian, pegawai Puskemas Kanor bersikap sigap dan cekatan dalam menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat. Tindakan berupa pembuatan rujukan, Kartu Jaminan Kesehatan Nasional untuk masyarakat tidak mampu, tetapi menemui masalah yaitu pembuatan kartu rujukan membutuhkan waktu berhari-hari bahkan mingguan, sehingga masyarakat tidak dapat ditangani secara langsung. Konsep Antisipasi berupa penyediaan ambulance ketika penyuluhan dan koordinasi terhadap lintas sektor (Kepolisian dan Tentara). Saran dari pelaksanaan Program Sagasih adalah pembuatan Kartu jaminan Kesehatan Nasional lebih cepat dilaksanakan agar masyarakat dapat ditangani secara langsung. Kata kunci: Pelayanan Prima, Program Sagasih


Published
2018-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 101