STRATEGI PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PEDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) OLEH BADAN PELAYANAN PAJAK DAERAH (BPPD) KABUPATEN SIDOARJO TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN SIDOARJO

  • MAHARFIAN KHALID YANUARDI
  • FITROTUN NISWAH

Abstract

ABSTRAK

STRATEGI PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PEDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) OLEH BADAN PELAYANAN PAJAK DAERAH (BPPD) KABUPATEN SIDOARJO TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN SIDOARJO

Sektor pajak merupakan salah satu pendapatan terbesar negara dan juga di daerah. Dari semua jenis pajak, pajak PBB memiliki permasalahan yang paling kompleks dan juga memiliki dan nilai piutang tertinggi. Begitu pula di Kabupaten Sidoarjo pajak merupakan pendapatan daerah tertinggi dimana pajak PBB juga memiliki nilai piutang dan permasalahan yang kompleks. Sudah seharusnya pemerintah dalam tugasnya melakukan pemungutan pajak memberikan sebuah strategi yang tepat agar pendapatan dari sektor pajak PBB dapat optimal. Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Kabupaten Sidoarjo merupakan instansi pemerintah yang bertugas dalam melakukan pemungutan sembilan macam pajak daerah yang salah satunya merupakan pajak PBB. Langkah BPPD Kabupaten Sidoarjo dalam melakukan strategi pemungutan pajak PBB adalah dengan melakukan strategi memudahkan proses pembayaran pajak PBB dimana pembayaran pajak PBB yang sudah dapat dilakukan melalui Kantor Pos dan berbagai macam Bank seperti diantaranya Bank Mandiri, OCBC NSIP, Bank BTN, Bank BNI, Bank Jatim yang di dukung juga pembayaran melalui melalui E-Banking di bank terkait serta bisa juga membayar melalui waralaba yang telah banyak tersebar berupa Indomart, Alfamart. Strategi pemungutan pajak tersebut merupakan strategi satu-satunya yang diterapkan di Jawa Timur. Selain itu BPPD Kabupaten Sidoarjo juga terus berupaya memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pengguna jasa serta terus berinovasi sehingga terciptanya sebuah aplikasi E-PBB yang merupakan aplikasi berbasis Android yang dapat di akses di SmartPhone yang berguna untuk mempermudah segala kepengurusan mengenai pajak PBB di Sidoarjo.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yaitu Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, purposive sampling, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan strategi pemungutan pajak PBB-P2 berdasarkan faktor peningkatan pelayanan publik di lingkungan birokrasi menurut Osborne & Plastrik, yaitu: 1) Strategi pengembangan struktur, BPPD Kabupaten Sidoarjo telah melakukan upaya untuk mengembangkan struktur dengan melakukan perampingan struktur organisasi yang mengakibatkan perubahan nilai dan norma, aturan hukum atau kode etik dan budaya pada strategi pemungutan pajak PBB di Sidoarjo. 2) Strategi penyederhanaan sistem dan prosedur, pada strategi ini BPPD Kabupaten Sidoarjo berupaya dengan menyediakan pelayanan yang prima terkait pelayanan PBB, serta dibuatkanya sebuah aplikasi berbasis Android E-PBB, dan inovasi pembayaran yang di permudah. 3) Strategi pengembangan infrastruktur, dalam pengembangan infrastruktur langkah yang telah di ambil BPPD Kabupaten Sidoarjo adalah dengan menyediakan fasilitas fisik berupa peralatan kantor pada umumnya dan peralatan sosialisasi berupa banner, poster dan pemasangan iklan. Menyediakan fasilitas pengembangan telematika berupa pengembangan sistem yang memungkin kan para wajib pajak membayar melalui berbagai bank bahkan dapat melalui indomart serta alfamart. Mengembangkan konsep strategi pemungutan pajak dari yang lama menjadi lebih baru dan terdigitalisasi. 4) Strategi pengembangan budaya dan kultur, yang meliputi membangun citra baik dan kepercayaan masyarakat terhadap instansi, meningkatkan budaya kerja pegawai yang positif, mengembangkan layanan prima sesuai dengan budaya dan jaman yang berkembang di masyarakat. 5) Strategi pengembangan kewirausahaan, pada strategi ini menghasilkan sebuah keputusan yang meliputi, menjalin mitra kerjasama dengan brbagai instansi untuk memperluas peluang pendapatan pajak, menghadirkan kemampuan berfikir kreatif dalam menciptakan solusi yang tepat dari permasalahan yang timbul, menciptakan sebuah inovasi aplikasi E-PBB untuk mempermudah segala kepengurusan mengenai PBB.

Kata Kunci: Strategi, Pajak, PBB, Pemungutan, Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Sidoarjo, BPPD, Inovasi

ABSTRACT

Collection Strategy Of Land And Building Tax By Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Kabupaten Sidoarjo On Original Local Government Revenue

The tax sector is one of the largest income in country and also the regions. Of all types of taxes, the Land and Building (L&B) taxes has a complex problem and also has the highest arrears. Similarly, in Sidoarjo, taxes are regional revenues where the Land and Building (L&B) taxes also has high debts and complex issues. The government who levy L&B taxes should provide the right strategy for the sector of the L&B taxes to be optimal. The Regional Tax Service Board (BPPD) of Sidoarjo is a government institution responsible for local taxes, one of which is the L&B taxes. The step of BPPD of Sidoarjo in implementing L&B taxes strategy is to simplify the process of payment of PBB, so payment can be done through Post Office and various Bank such as Mandiri, OCBC NSIP, BTN, BNI, BANK JATIM, which also through e-Banking in related banks, and can also pay through a franchise that has been widespread in the form of Indomart, Alfamart. That tax collection strategy is the only strategy implemented in East Java. In addition, BPPD Sidoarjo also continues to provide excellent service for the community of service users and continue to innovate to create E-PBB applications. The application is accessed on SmartPhone which helps to facilitate all tax management in L&B taxes in Sidoarjo.

The type of research used in this research is descriptive research with qualitative approach. The location of research is the Regional Tax Service Board (BPPD) of Sidoarjo Regency. Data collection techniques consist of interviews, purposive sampling, and documentation. Data analysis technique is done by searching data, data reduction, data presentation, and deduction of conclusion.The result of the research shows the strategy of collecting tax of PBB-P2 based on the improvement factor of public service in bureaucratic environment according to Osborne & Plastrik, that is:

1) Structural development strategy, BPPD Kabupaten Sidoarjo has made efforts to develop the structure by streamlining the organizational structure resulting in changes in values ​​and norms, rules of law or code of ethics and culture on the strategy of tax collection in Sidoarjo.

2) The simplification strategy of the system and procedure, in this strategy BPPD Sidoarjo strives to provide excellent service related to L&B taxes services, and made an ‘E-PBB’ application based on Android who can acces with smartphone, and simplification payment innovation.

3) Strategy of infrastructure development, in infrastructure development step that has been taken by BPPD of Sidoarjo is by providing physical facility it is a office equipment in general and socialization equipment such as banners, posters and advertisement. Providing telematics development facilities in the form of system development that allows the tax payers to pay through various banks even through indomart and alfamart. Also develop the concept of tax collection strategy from the old one to be more recent and digitized.

4) Cultural and cultural development strategies, which include building a good image and public confidence in the institution, enhancing positive employee work culture, developing prime services in accordance with the culture and era that develops in the community.

5) Entrepreneurship development strategy, in this strategy produces a decision that includes, establishing partnerships with various agencies to expand tax revenue opportunities, bringing creative thinking ability in creating the right solutions from emerging problems, creating an innovative E-PBB application to simplify all the stewardship of the L&B taxes.

Keywords : Strategy, Tax, Land and Building Taxes, Collection, Sidoarjo, BPPD, Innovation





Published
2018-05-28
Section
Articles
Abstract Views: 186
PDF Downloads: 205