Implementasi Aplikasi Pendaftaran Antrian Permohonan Paspor secara Online di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar

  • NUR ENGGAR IRIANI
  • INDAH PRABAWATI

Abstract

Absrak

Pelayanan publik oleh pemerintah merupakan wujud dari fungsi pelayanan jasa dari aparat negara kepada masyarakat. Tujuan dari pelayanan publik oleh pemerintah dimaksudkan untuk mensejahterakan masyarakat. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang semakin canggih, pemerintah berupaya memberikan nilai tambah pelayanan public pada bidang keimigrasian khususnya dalam pembuatan paspor. Untuk mewujudkan hal ini Direktorat Jendral Imigrasi mengeluarkan Surat Edaran No IMI-UM, 01.01-4166 tahun 2017 tentang Implementasi aplikasi pendaftaran antrian permohonan paspor secara online diseluruh Indonesia. Kantor Imigrasi merupakan lembaga pemerintah yang bertugas membuat paspor untuk masyarakat yang akan keluar negeri. Salah satu Kantor Imigrasi yang ada di Indonesia adalah Kantor Imigrasi Kelas II Blitar. Hasil pengamatan awal kondisi dilapangan masih di temukan adanya beberapa permasalahan yaitu, terlihat antrian pembuatan paspor baru yang terlalu panjang, dikarenakan masyarakat belum mengetahui adanya antrian paspor secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Aplikasi Pendaftaran Antrian Permohonan Paspor Secara Online Di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus yang digunakan dalam penelitian ini adalah model implementasi kebijakan menurut George C Edward II dalam Subarsono (2011:90-92) dengan empat aspek yaitu Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi dan Struktur Birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi atau pelaksanaan program Aplikasi Pendaftaran Antrian Permohonan Paspor Secara Online di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar telah mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Berikut uraian hasil penelitiannya a) Komunikasi, sosialisasi dilakukan secara langsung atau face to face kepada masyarakat yang datang ke Kantor Imigrasi Kelas II Blitar, kemudian dengan melalui sosial media berupa siaran radio dan di website Kantor Imigrasi Kelas II Blitar yang bisa diakses kapan saja dan yang terakhir adalah dengan talkshow.Namun, dilapangan masih ditemui masyarakat yang belum mengerti bahkan tidak mengetahui program pendaftaran paspor online sehingga diperlukan sosialisasi yang lebih luas lagi. Selain kepada masyarakat juga dilakukan penyampaian program tersebut kepada petugas Kantor Imigrasi Kelas II Blitar dengan dikeluarkannya Surat Edaran tentang Implementasi aplikasi pendaftaran antrian permohonan paspor secara online yang dijadikan dasar pelaksanaan program sehingga sistem kerjanya konsisten. b) Sumber Daya, petugas pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar terbagi dibeberapa bagian yaitu bagian penerimaan berkas, wawancara, pengambilan paspor dan judikator. Jumlah petugas pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar saat ini sudah cukup dan ditunjang dengan kinerja yang baik. Mengenai fasilitas penunjang implementasi diperlukan pengadaan alat scan barcode agar mempermudah masyarakat dalam mencetak jadwal pembuatan paspor. c) Disposisi, pada aspek ini pelaksanaan pendaftaran antrian paspor secara online sistem kerja tetap berdasarkan Surat Edaran Dirjen Imigrasi mengenai pendaftaran antrian papsor secara online, hal ini berpengaruh pada hal insentif yang juga tetap sama. Petugas pembuatan paspor juga berkompeten dalam menjalankan pelayanan namun pada saat ini yang masih menjadi kendala adalah adanya permasalahan jaringan yang trouble yang hanya bisa diselesaikan oleh pusat. d) Struktur Birokrasi, struktur birokrasi Kantor Imigrasi Kelas II Blitar tetap sama pada pelaksanan pendaftaran antrian paspor secara online yang membedakan hanyalah sistem pengambilan nomor antrian pembuatan paspor yang saat ini dilakukan secara online melalui website atau aplikasi. Saran yang dapat diberikan kepada pihak Kantor Imigrasi Kelas II Blitar adalah lebih ditingkatkan lagi mengenai sosialisasi kepada masyarakat agar lebih mengerti mengenai pendaftaran antrian secara online. Selain itu pengadaan fasilitas berupa alat scan barcode untuk mempermudah pendaftaran pemohon.

Kata Kunci : Implementasi, Pendaftaran, Antrian Paspor, Online

Abstrack

Public service by government is a form of service function from state apparatus to society.The purpose of a public service by the government is meant for welfare the society. By utilizing the technology information progress, the government seeks to provide added value of public services in the field of immigration, especially about passports. To realize this, the Directorate General of Immigration issued a Circular Letter of IMI-UM, 01.01-4166 year 2017 about The Implementation of Online Passpor Registration Application in All Around Indonesia. Immigration Office is the government agency in charge of making the passport for people who are going abroad.One of the Immigration Office in Indonesia is Blitar II Immigration Office. The initial observation of the field condition is still found some problem, there is a queue of making a new passport that is too long, because people don’t know about the passport queue online.The purpose of this research is to describe and analyzeThe Implementation of Online Passpor Registration Application In Class Immigration II Blitar. The research uses description research with qyalitative approach. The research focus used in this research is policy implementation model by George C Edward III, that consist of four variables, those are : communication, resource, dispotition and bureaucracy structure. The result of this research shows that implementation of Online Passpor Registration Application In Class Immigration II Blitar gerts good response by the society, there is result of the research a) Communication, socialization is done directly or face to face to the people who come to Blitar II Immigration Office, then through the social media in the form of radio broadcast and on the website of Blitar II Immigration Office that can be accessed anytime and the last is by talk show.However, inthe field is still encountered people who don’t understand even not knowing about the online passport registration program so it takes a wider socialization.In addition to the community is also done to deliver the program information to the officers of the Immigration Office Class II Blitar with the release of Circular Letter about The Implementation of Online Passpor Registration Application in All Around Indonesiawhich serve as the basis for program implementation so that the system works consistently. b) Resource, the passport officer at Blitar II Immigration Office is divided into several sections, there are file reception, interview, passport and judgment.Now the number of officers for a passport at the Immigration Office Blitar Class II is enough and supported by a good performance.Regarding the implementation of the necessary supporting facilities procurement barcode scanning device in order to facilitate the public in print schedule for a passport. c) Dispotition, in this aspect the Implementation of Online Passpor Registration Application In Class Immigration II Blitar based on the Directorate General of Immigration Letters, it affects the terms of the incentives that also remains the same.Passport officers are also competent in running the service, but at this time that is still a constraint is the problem of network trouble that can only be solved by the center. d)Bureaucracy Structure,the bureaucratic structure of Blitar II Immigration Office remains the same in the Implementation of Online Passpor Registration Application In Class Immigration II Blitarthe difference is only that the passport number pickup system is currently done online through the website or app. Advice that can be given to the Class II Blitar Immigration Office isfurther enhanced socialization to the public to better understand the registration of queues online.In addition, the procurement of facilities in the form of barcode scanning tool to facilitate the registration of the applicant.

Keywords :Implementation, Registration, Passport Queue, Online






Published
2018-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 231