IMPLEMENTASI BADAN USAHA MILIK DESA (BUM DESA) CITRA TROPODO MAKMUR DI DESA TROPODO KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO

  • HERWINDA FEBRIANI
  • TJITJIK RAHAJU

Abstract

ABSTRAK

Pembangunan bidang ekonomi pedesaan dapat diwujudkan dengan pembentukan dan pengembangan BUM Desa. Pemerintah desa dan masyarakat desa mempunyai kewenangan untuk mendirikan BUM Desa sesuai inisiatifnya, didukung dengan penyertaan modal dari pemerintah desa untuk dikelola sebagai bagian dari usaha BUM Desa. Pada tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Sidoarjo semakin gencar untuk mensosialisasikan pembentukan BUM Desa mengingat jumlah BUM Desa masih mencapai 12%. Salah satu BUM Desa yang terletak di Kabupaten Sidoarjo adalah BUM Desa Citra Tropodo Makmur Desa Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo yang telah berdiri sejak tahun 2012.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah Implementasi Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Citra Tropodo Makmur di Desa Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo yang ditinjau berdasarkan teori implementasi Bottom Up menurut Elmore, Lipsky, Hjern & David O’Porter (1981) yaitu identifikasi jaringan aktor yang terlibat, jenis kebijakan publik yang mendorong masyarakat untuk mengerjakan sendiri implementasi kebijakannya atau masih melibatkan pejabat pemerintah di level bawah, kebijakan yang dibuat sesuai dengan harapan keinginan publik yang menjadi target, prakarsa masyarakat secara langsung atau melalui lembaga swadaya masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan implementasi BUM Desa Citra Tropodo Makmur Desa Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo telah dilaksanakan dengan jaringan aktor yang terlibat yaitu Ketua BUM Desa, Sekretaris BUM Desa, Bendahara BUM Desa, pengelola unit usaha, pengawas, penasihat, dan tokoh masyarakat Desa Tropodo. Jenis kebijkan publik yang mendorong masyarakat untuk mengerjakan sendiri implementasi kebijakannya ditunjukkan dengan kegiatan usaha yang dijalankan oleh aktor implementasi yang berasal dari masyarakat Desa Tropodo secara sukarela sebab selama menjabat belum mendapatkan insentif dari kontribusi yang diberikan, artinya dalam mengelola BUM Desa masih secara sosial dan sukarela sedangkan pemerintah desa sebagai birokrat level bawah memberikan wewenang kepada pengelola BUM Desa untuk menjalankan kegiatannya. Kebijakan yang dibuat sesuai harapan serta keinginan publik yang menjadi target, pembentukan BUM Desa Citra Tropodo Makmur merupakan keinginan dari masyarakat Desa Tropodo. Selain itu dalam BUM Desa Citra Tropodo Makmur telah melaksanakan berbagai usaha BUM Desa untuk mencapai beberapa tujuan BUM Desa sesuai dengan harapan masyarakat Desa Tropodo yang menjadi target. Prakarsa masyarakat Desa Tropodo secara langsung dilakukan dalam pengelolaan BUM Desa Citra Tropodo Makmur yang dapat dilihat dari keterlibatan jaringan aktor yang terlibat didalam persiapan, pelaksanaan, dan pengawasan. Kemudian didukung dengan apresiasi Pemerintah Desa Tropodo yang memberikan penyertaan modal bagi BUM Desa.

Adapun saran yang diajukan adalah memberikan insentif pada pengelola atas kontribusinya, memperkuat tugas, tanggungjawab, serta komitmen dari para aktor yang terlibat dalam pengelolaan BUM Desa Citra Tropodo Makmur, serta lebih merangkul lembaga ekonomi dan lembaga kemasyarakatan lainnya untuk lebih terlibat aktif dalam pengelolaan BUM Desa Citra Tropodo Makmur.

Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan, BUM Desa


ABSTRACT

Development field of rural economy can be realized by establishment and development of BUM Desa. Village government and village communities have the authority to establish BUM Desa according to their initiative, supported by equity participation from village government to be managed as part of BUM Desa business. In 2017 Sidoarjo District Government increasingly incentive to socialize the establishment of BUM Desa considering the number of Village BUM still reaches 12%. One of BUM Desa located in Sidoarjo is BUM Desa Citra Tropodo Makmur Tropodo in Tropodo Village Waru Subdistrict of Sidoarjo district which has been established since 2012.

This research uses descriptive research type with qualitative approach. Focus in this research is Implementation of Village Owned Enterprise (BUM Desa) Citra Tropodo Makmur in Tropodo Village Waru Subdistrict of Sidoarjo district which is reviewed by Bottom Up implementation theory according to Elmore, Lipsky, Hjern & David OPorter (1981) that is identification of actor network involved, the type of public policy that encourages people to do their own policy implementation or still involve government officials at lower levels, policies made in accordance with expectations of targeted public wishes, community initiatives directly or through non-governmental organizations. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation.

The result of the research shows that the implementation of BUM Desa Citra Tropodo Makmur Tropodo Village Waru Sub-district, Sidoarjo District has been carried out with the network of actors involved, namely the leader of BUM Desa, Secretary of BUM Desa, Treasurer of BUM Desa, managers of business units, supervisors, advisors and public figures of Tropodo Village who has done his job. The type of public policy that encourages people to do their own policy implementation is demonstrated by the business activities carried out by the implementing actors originating from the Tropodo Village community voluntarily because as long as they have not received incentives from the contribution given, it means that in managing the village BUM is still socially and voluntarily while the village government as a lower-level bureaucrat gives the managers of BUM Desa to manage their activities. The policy made according to the expectations and the targeted public desire, the establishment of BUM Desa Citra Tropodo Makmur is the desire of Tropodo Village community. In addition, BUM Desa Citra Tropodo Makmur has implemented various BUM Desa efforts to achieve several BUM Desa objectives in line with the expectations of the target Tropodo villagers. The Tropodo Village community initiative is directly undertaken in the management of BUM Desa Citra Tropodo Makmur which can be seen from the involvement of the network of actors involved in the preparation, implementation and supervision. Then supported by the appreciation of Tropodo Village Government that provides equity for BUM Desa.

The suggestions are to provide incentives to the manager for his contribution, strengthen the duties, responsibilities, and commitment of the actors involved in the management of BUM Desa Citra Tropodo Makmur, and more embrace the economic institutions and other community institutions to be more actively involved in the management of BUM Desa Citra Tropodo Makmur.

Keywords: Implementation, Policy, BUM Desa

Published
2018-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 224