EVALUASI PELAKSANAA PROGRAM PPSYANDU DI DESA KALIREJO KECAMAAN DUKUN KABUPATEN GRESIK (STUDI PADA PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN GIZI BALITA)

  • DINATUL MAJIDAH
  • TJITJIK RAHAJU

Abstract

ABSTRAK

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM POSYANDU

DI DESA KALIREJO KECAMATAN DUKUN KABUPATEN GRESIK

(STUDI PADA PELAKSANAAN PROGRAM

PENINGKATAN GIZI BALITA)

Nama : Dinatul Majidah

NIM : 14040674018

Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara

Jurusan : Adiministrasi Publik

Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Tjitjik Rahaju, S.Sos., M.Si.

Program peningkatan gizi balita di posyandu Desa Kalirejo berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Kalirejo No 7 Tahun 2013 adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi, Kesehatan Ibu dan Anak perlu adanya kesehatan dasar melalui posyandu. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan evaluasi pelaksanaan Program Peningkatan Gizi Balita di Posyandu Desa Kalirejo Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala Desa Kalirejo selaku pelindung dan penanggung jawab dalam program posyandu, kader Posyandu Desa Kalirejo (Bidan desa, Kepala pengelola posyandu dan anggota-anggotanya), Peserta posyandu maupun orang tua balita posyandu Desa Kalirejo. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penlitian menggunakan 6 kriteria evaluasi menurut William N. Dunn yakni efektifitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program peningkatan gizi balita di posyandu Desa Kalirejo ini secara keseluruhan belum berjalan sesuai dengan tujuan, karena masyarakat atau orang tua balita kurang partisipatif dalam mengikuti kegiatan peningkatan gizi balita di posyandu Desa Kalirejo. Masih terdapat kendala dari segi kecukupan seperti Anggaran Dana Desa Kalirejo belum mencukupi kebutuhan dalam kegiatan peningkatan gizi balita di posyandu Desa Kalirejo, hal tersebut berpengaruh pada alat-alat yang digunakan sebagai penunjang pelaksanaan kegiatan kurang maskimal. Seperti angka yang dihasilkan dari penimbangan berat badan balita kurang akurat karena posyandu Desa Kalirejo masih menggunakan timbangan yang biasa dalam hal ini bukan timbangan digital. Sehingga kader posyandu masih harus menggali dana tambahan untuk menutupi biaya kekurangan berupa iuran atau uang jimpitan.

Melihat masalah yang terjadi, saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya peserta maupun orang tua balita posyandu Desa Kalirejo lebih berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan kegiatan, namun tetap harus diimbangi dengan koordinasi secara menyeluruh antara kader posyandu dengan masyarakat Desa Kalirejo terkait dengan program posyandu yang tentunya dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Pemerintah kecamatan hendaknya memberikan bantuan hibah berupa uang dalam menunjang pelaksanaan kegiatan peningkatan gizi balita di posyandu Desa Kalirejo. Selain berupa uang bisa juga berupa barang atau alat-alat pendukung pelakasnaan kegiatan program seperti obat-obatan, bahan-bahan PMT, timbangan digital dll.

Kata kunci: Evaluasi, Pelaksanaan program, Posyandu.
Published
2018-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 179