INOVASI APLIKASI E-SMART SAMSAT JATIM DI DIREKTORAT LALU LINTAS (DITLANTAS) KEPOLISIAN DAERAH JAWA TIMUR

  • DANI SYAHPUTRA
  • MEIRINAWATI

Abstract

Besarnya angka pelayanan yang dilakukan per harinya pada Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Provinsi Jawa Timur, maka perlu dilakukan pengembangan dan peningkatan pelayanan Samsat kepada masyarakat. Kepolisian Daerah Provinsi Jawa Timur (Polda Jatim) melalui Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim menciptakan sebuah aplikasi yang bernama E-Smart Samsat Jatim. Namun, dalam penerapannya masih ditemui kendala, sehingga hal ini menarik bagi peneliti untuk meneliti tentang Inovasi Aplikasi E-Smart Samsat Jatim di Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian dalam penelitian ini menggunakan teori menurut Cook, Mattews dan Irwin tentang Faktor Keberhasilan Inovasi yang terdiri dari Leadership, Management/Organization, Human Capital dan Technology. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi aplikasi E-Smart Samsat Jatim di Ditlantas Polda Jatim sudah baik. Hal tersebut dibuktikan dari faktor Leadership yang ditunjukkan dengan adanya peran dan tanggung jawab yang besar dari seorang pemimpin (Direktur Lalu Lintas Polda Jatim) mulai dari kontribusi ide, pemikiran, materiil, dan arahan kepada staf dibawahnya untuk mewujudkan aplikasi E-Smart Samsat Jatim hingga aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Faktor Management/Organization, adanya sosialisasi kepada masyarakat serta adanya jaringan kerjasama dengan pihak internal maupun eksternal. Faktor Risk Management, masih terdapat kendala dalam sistem pembayaran melalui perbankan yang disebabkan belum terintegrasi sempurna antara sistem Ditlantas Polda Jatim dengan sistem perbankan, kendala lain terjadi karena faktor teknis yaitu jaringan dan server. Faktor Human Capital, adanya pelatihan untuk pemahaman kepada petugas Samsat yang dilakukan sebelum launching aplikasi E-Smart Samsat Jatim. Faktor Technology, aplikasi E-Smart Samsat Jatim memanfaatkan fasilitas aplikasi smartphone (android dan ios) dengan keamanan sistem yang dibuat berlapis. Saran yang diberikan yaitu dilakukan segera pembenahan sistem terutama pada sistem pembayaran melalui perbankan. Kata Kunci: inovasi, aplikasi, E-Smart Samsat Jatim
Published
2018-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 388