TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DALAM LAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU DI KELURAHAN WONOKROMO KECAMATAN WONOKROMO KOTA SURABAYA

  • DENNY CANDRA PRATAMA

Abstract

 

ABSTRAK

Surat Keterangan Tidak Mampu ( SKTM ) adalah surat pernyataan tidak mampu yang dikeluarkan oleh kelurahan. Biasanya digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan keringanan biaya kesehatan maupun biaya pendidikan. Dengan melampirkan surat keterangan tidak mampu ini maka pihak penyedia jasa kesehatan atau pendidikan akan mengerti bahwasannya warga atau penduduk tersebut merupakan warga yang kurang mampu. Maka akan dikenakan biaya yang relatif lebih ringan dibandingkan biaya asli atau yang sudah ditetapkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat dalam layanan pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu di Kelurahan Wonokromo, Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yangdiperoleh dari hasil angket, wawancara selama penelitian berlangsung dan data sekunder yang merujuk pada dokumentasi pada Kelurahan Wonokromo Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah pengolahan data kuisioner, pengujian kualitas data, penyusunan hasil laporan IKM,dan membuat simpulan berdarkan atas hasil penelitian yang didapat. Hal itu mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah

Berdasarkan hasil penelitian mengenai Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Layanan Pembuatan SKTM di Kelurahan Wonokromo dapat diketahui hasil penilaian masyarakat terhadap kinerja yang diberikan petugas Kelurahan Wonokromo dalam kategori Baik. Dengan total IKM konversi sebesar 74. Penilaian dari 150 responden tersebut sesuai dengan apa yang mereka rasakan atas pelayanan yang mereka terima ketika mengurus pembuatan SKTM di Kelurahan Wonokromo. Hasil penilaian masyarakat tersebut dapat digunakan sebagai bahan acuan perbaikan pelayanan di Kelurahan Wonokromo sehingga kedepannya tingkat kualitas pelayanan di Kelurahan Wonokromo semakin membaik.

Kata Kunci  : SKTM , kepuasan masyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat

Published
2013-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 876