PENGARUH PESAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “ CARA AMAN BARENG BUNG IJO” TERHADAP SIKAP MAYARAKAT DALAM PENGGUNAAN ELPIJI TIGA KILOGRAM SECARA BENAR( Studi di RT.11 RW.02 Desa Kalimati Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo)

  • RINA ANITASARI

Abstract

ABSTRAK

Iklan layanan masyarakat merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mensosialisasikan pesan tertentu dari pemerintah ke masyarakat. Iklan layanan masyarakat sendiri dapat dijadikan sebagai salah satu cara yang ampuh untuk menumbuhkan opini publik yang baik akan suatu hal, sehingga masyarakat dapat mengikuti arahan, anjuran serta proses yang disampaikan dalam iklan layanan masyarakat tersebut. Salah satu iklan layanan masyarakat yang disampaikan pemerintah adalah mengenai penggunaan elpiji tiga kilogram yang benar.Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh pesan iklan layanan masyarakat “cara aman bareng bung ijo” terhadap sikap masyarakat  dalam  penggunaan elpiji tiga kilogram secara benar(studi di RT 11 RW 02 Desa Kalimati Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo).

Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat RT 11 RW 02 Desa Kalimati Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo yang pernah melihat iklan layanan masyarakat”cara aman bareng bung ijo” dan menggunakan elpiji sebagai bahan bakar untuk memasak. Sampel yang diambil sebanyak 69 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwadari  hasil perhitungan regresi linier sederhana,nilai koefisien determinasi R Square dari variabel pesan iklan layanan masyarakat terhadap sikap masyarakat dalam penggunaan elpiji tiga kilogram secara benar  sebesar 50.9% (sig <0,05), sedangkan sisanya 49,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian dari hal tersebut menunjukkan bahwa pesan iklan layanan masyarakat “cara aman bareng bung ijo” berpengaruh terhadap sikap masyarakat RT 11 RW 02 Desa Kalimati Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo  dalam  penggunaan elpiji tiga kilogram secara benar. Meskipun berpengaruh, perlu dilakukan evaluasi dan juga pengawasan lebih lanjut untuk meningkatkan dan juga menjaga agar opini masyarakat yang telah terbentuk tidak hilang dan tetap mau menggunakan elpiji tiga kilogram dengan cara yang aman sesuai dengan isi dari pesan iklan layanan masyarakat yang telah disampaikan.

           

Kata kunci :  Iklan layanan masyarakat , sikap masyarakat

Published
2013-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 56