EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (SIPKD) DI KABUPATEN GRESIK

  • SISWO DWI IRFIANTO

Abstract

Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) adalah aplikasi terpadu yang dipergunakan sebagai alat bantu pemerintah daerah untuk meningkatkan efektivitas implementasi dari berbagai regulasi bidang pengelolaan keuangan daerah. Opini Wajar Dengan Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan terhadap pemerintah kabupaten gresik merupakan masalah pengelolaan keuangan yang harus terus diperbaiki agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan. Permasalahan ini menjadi dasar untuk melakukan penelitian dalam mengukur efektivitas SIPKD di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan indikator sistem informasi untuk mengukur variabel efektivitas yang dikemukakan oleh Bodnar.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna SIPKD di Kabupaten Gresik. Metode untuk pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan hasil dari rata-rata setiap indikator yang disesuaikan dengan interval yang telah ditentukan.

Hasil dari penelitian menunjukkan efektivitas SIPKD di Kabupaten Gresik berada pada interval 2,61-3,4 dengan rata-rata 3,34 yang artinya cukup efektif. Sementara untuk prosentase efektivitas SIPKD mencapai  66,8%.

Saran yang diberikan penulis, yaitu: 1) Meningkatkan kapasitas database yang ada. 2) Peremajaan teknologi yang digunakan. 3) Memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM. 4) Sistem secara berkala harus di upgrade. 5)Meningkatkan perawatan dan pemeliharaan terhadap sistem.  

 

 

 

 

Kata Kunci: Efektivitas, Sistem, SIPKD

Published
2013-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 181
PDF Downloads: 287