MANAJEMEN STRATEGI CEPAT (QUICK WINS) DALAM RANGKA MENDUKUNG PROGRAM PENINGKATAN PRODUKSI BERAS NASIONAL (P2BN) (Studi Pendekatan Sistem di Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur)

  • EKA SEPTIAN MARDI MISTUTI

Abstract

Manajemen strategi merupakan suatu langkah yang diambil oleh organisasi untuk menempatkan keputusan ataupun strategi secara tepat. Salah satu langkah yang diambil Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai salah satu organisasi pemerintahan untuk menciptakan pemerintahan yang baik adalah dengan menggalakkan strategi cepat (quick wins) bagi lembaga atau pun dinas pemerintah. Strategi cepat (quick wins) merupakan inisiatif untuk mengawali program pembangunan dengan rentang tahun antara 2010-2025. Adapun salah satu dinas pemerintah yang menggunakan strategi cepat (quick wins) dalam melaksanakan tugasnya adalah Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur. Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur menggunakan strategi cepat (quick wins) untuk mendukung program Kementerian Pertanian dalam menciptakan ketahanan pangan melalui Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN) surplus beras 10 juta ton pada 2014.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategi cepat (quick wins) dalam rangka mendukung program P2BN di Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur serta mendeskripsikan optimalisasi perbenihan melalui pendekatan sistem. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah data primer yang ditunjang dengan data sekunder. Data primer meliputi sekretaris Tim Pembina P2BN di Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur dan koordinator peningkatan produktivitas padi di seksi padi Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur. Data sekunder meliputi dokumen terkait P2BN dan optimalisasi perbenihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi yang dilakukan oleh Dinas Pertaninan Provinsi Jawa Timur sudah efektif, terbukti dengan ketercapaian target jangka pendek sebesar 5%-7% mulai tahun 2012 hingga awal tahun 2013, terutama dalam optimalisasi perbenihan. Adapun tahap-tahap yang dilakukan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur dalam melakukan manajemen strategi cepat (quick wins) terdiri dari formulasi, implementasi, evaluasi dan pengendalian strategi. Hasil yang kedua dari penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu strategi yakni optimalisasi perbenihan sudah memiliki sistem yang terbuka yang memungkinkan adanya perbaikan manajemen ke depannya, walaupun umpan balik yang terjadi masih merupakan bentuk pengawasan awal.

 

 

Kata kunci : Manajemen Strategi, Quick Wins, P2BN, Pendekatan Sistem

Published
2013-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 413