Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Semesta Di Puskesmas Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun

  • ERLINA BUDI WAHYUNINGRUM

Abstract

Jaminan kesehatan merupakan suatu bentuk pelayanan publik yang diberikan pemerintah dalam hal kesehatan. Jaminan tersebut memiliki beberapa tujuan yang diantaranya adalah memunculkan kesadaran masyarakat terhadap arti penting dari kesehatan. Salah satu jaminan kesehatan di Indonesia yang mengutamakan tujuan tersebut guna membangun masyarakat yang sehat adalah Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesmasta) yang dilakukan di Madiun, dengan induk pelayanan daerah yang terletak di Puskesmas Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun. Pelayanan yang diberikan di Puskesmas tersebut berusaha dioptimalkan agar terwujud kepuasan bagi masyarakat Madiun mengenai kesehatan dan mencapai tujuan yang diharapkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan program Jamkesmasta di Puskesmas Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun, serta melihat kendala-kenadala yang terjadi dalam program tersebut melalui enam aspek yakni transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Adapun narasumber penelitian ini terdiri dari Kepala Puskesmas Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun, staf pegawai yang bekerja di Puskesmas Demangan Kecamatan taman Kota Madiun, masyarakat yang melakukan pengobatan di Puskesmas Demangan Kota Madiun. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan Jamkesmasta yang diberikan oleh Puskesmas Demangan Kecamatan Taman Kota Madiun sudah berjalan baik yang dilihat dari enam aspek yang telah disebutkan, meskipun terdapat beberapa kendala. Kendala tersebut terletak pada aspek kondisional serta keseimbangan hak dan kewajiban, dimana hal yang terjadi lebih kepada fasilitas yang terdapat di Puskesmas, namun hal tersebut tidak mengurangi pelayanan Puskesmas yang diberikan secara optimal. Diharapkan agar pelayanan tersebut lebih optimal, maka perlu adanya tambahan ruang inap bagi pasien serta peningkatan mutu layanan untuk kedepannya.

 

Kata kunci : Pelayanan, Puskesmas, Jamkesmasta

Published
2013-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 85