IMPLEMENTASI LAYANAN SISTEM INFORMASI USULAN LELANG (SIUL) DI UNIT KERJA PENGADAAN BARANG/JASA (UKPBJ) KOTA SURABAYA

  • VIVI NUR VITASARI
  • EVA HANY FANIDA

Abstract

Pelayanan Publik yang diberikan oleh pemerintah salah satunya Sistem Informasi Usulan Lelang (SIUL) yang merupakan inovasi yang diluncurkan oleh Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Kota Surabaya, yang bertujuan untuk memangkas alur pengurusan usulan lelang barang/jasa. Berdasarkan SK Walikota Nomor: 188.45/296/436.1.2/2018 SIUL dapat memberikan kemudahan bagi OPD dalam penurusan lelang berbasis website yang terintegrasi dengan GRMS (SPSE) untuk mengusulkan dokumen usulan lelang secara aman, tertib, tercatat dan termonitoring. Secara resmi diterapkan pada tanggal 14 Februari 2018, merupakan inovasi layanan usulan pertama dan satu-satunya di indonesia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti, adanya kekurangan dalam implementasinya sehari hari. Masih terdapat staff yang kurang paham pada penggunaan aplikasi ini, maka timbul beberapa masalah yang muncul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana teknik analisis data yang digunakan antara lain adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Aplikasi SIUL berbasis website Di Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Kota Surabaya. Dengan adanya hasil analisa terhadap SIUL, maka dapat ditemukan beberapa solusi yang diharapkan mampu untuk menyelesaikan masalah yang ada. Hasil dari penelitian terkait SIUL menunjukkan implementasi pelayanan publik tersebut mendapatkan respon yang baik oleh PPK, dengan adanya infrastruktur yang memadai dengan baik dari segi Hardware dan Software akan membuat pelayanan SIUL berjalan dengan optimal. walaupun masih terdapat kekurangan di bidang pelayanannya, tidak sinkron data antara SIUL dengan LPSE serta jaringan yang terganggu jika terkena petir. Selain itu masih terdapat beberapa OPD yang belum memiliki scanner. Namun pihak UKPBJ berupaya untuk meningkatkat pelayanannya baik di bidang pelayanan maupun dibidang koneksi jaringan internet.

Kata Kunci: Implementasi, Pelayanan,Publik


Published
2019-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 152