MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN USAHA PEDAGANG KAKI LIMA PASCA RELOKASI DI BENTENG PANCASILA OLEH DISPERINDAG KOTA MOJOKERTO

  • CLAUDIO DIANA ANGGRENI
  • MEIRINAWATI

Abstract

Abstrak

Keberadaan PKL mengganggu sejumlah aktivitas dan fungsi pada ruang publik terutama di alun-alun dan di Joko Sambang Kota Mojokerto. Untuk itu Pemerintah Kota Mojokerto melakukan relokasi PKL Alun-alun dan Joko Sambang di Benteng Pancasila. Namun PKL perlu pengelolaan usaha dengan baik dalam mengelola tempat baru yang digunakan untuk berdagang pasca relokasi. Dalam hal ini Disperindag turut serta dalam pengelolaan usaha pedagang kaki lima di Benteng Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis manajemen strategi pengelolaan usaha pedagang kaki lima pasca relokasi di Benteng Pancasila oleh Disperindag Kota Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitannya menggunakan teori manajemen strategi menurut Suyanto (2007) yang meliputi visi misi, analisis lingkungan eksternal, analisis lingkungan internal, penetapan tujuan dan sasaran, perumusan strategi, implementasi strategi, evaluasi dan pengendalian dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian tersebut menujukkan bahwa Disperindag Kota Mojokerto telah melakukan upaya dalam manajemen strategi pengelolaan usaha pedagang kaki lima pasca relokasi di Benteng Pancasila Kota Mojokerto dengan baik. Disperindag menggunakan pendekatan sosialisai, bimbingan, pembinaan, dan penertiban.

Kata Kunci : Manajemen, Strategi, Pedagang

Abstract

The existence of street vendors disrupts a number of activities and functions in public spaces, especially in the square and in Joko Sambang, Mojokerto City. For this reason, the City Government of Mojokerto relocated the PKL Alun-alun and Joko Sambang at the Pancasila Fortress. But street vendors need good business management in managing new places that are used to trade post-relocation. In this case the Ministry of Industry and Trade participated in the management of the street vendor business at Benteng Pancasila. The purpose of this study was to analyze the management of the management strategy of the street vendor business after relocation in Benteng Pancasila by the Ministry of Industry and Trade of the City of Mojokerto. The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. The focus of his research uses strategy management theory according to Suyanto (2007) which includes mission vision, external environment analysis, internal environment analysis, setting goals and objectives, strategy formulation, strategy implementation, evaluation and control with Purposive Sampling techniques. The technique of collecting data uses interviews, documentation studies, and observations. The results of the study show that the Disperindag of the City of Mojokerto has made efforts in the management of the business strategy for the management of street vendors after the relocation in the Pancasila Fortress of Mojokerto City properly. Disperindag uses a socialization, guidance, guidance and control approach.

Keywords : Management, Strategy, Trader


Published
2019-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 89