Evaluasi Program Keaksaraan Fungsional di Desa Tlambah Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang Madura

  • MITA DEVI SUKMAWATI
  • TJITJIK RAHAJU

Abstract

Program Keaksaraan Fungsional ini sangatlah penting bagi masyarakat penyandang buta aksara. Dengan adanya program ini masyarakat terutama mereka yang tinggal di Desa terpencil akan terbantu dan meningkatkan kesadaran masyarakatterhadap pendidikan. Pada pembelajaran Keaksaraan Fungsional Fungsional ini juga bagian dari upaya untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat yang merata agar mampu berperan di tengah-tengah masyarakat yang sesuai dengan kemampuan dalam bidangnya masing-masing. Mayoritas masyarakat Kabupaten Sampang bermata pencaharian sebagai petani, sebagian kecil pedagang. Rata-rata kualitas sumber daya manusia (SDM) rendah dengan angka prestasi buta aksara sangat tinggi. sehingga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 49 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan oleh satuan pendidikan Keaksaraan Fungsional (SK).

Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mendeskripsikan Evaluasi Program Keaksaraan Fungsional di Desa Tlambah Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang Madura. Fokus dari penelitian ini adalah menggunakan Teori Evaluasi William N.Dunn, yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, ketetapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatakn kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi.

Program keaksaraan Fungsional ini merupakan suatu pembelajaran yang diberikan diluar sekolah untuk masyarakat penyandang buta aksara. Terutama bagi mereka yang tidak bisa menulis, membaca dan menghitung. Hasil dari Evaluasi Program Keaksaraan Fungsional ini masih belum dikatakan efektiv. Karena masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan surat keterangan melek aksara (SUKMA).

Kata Kunci : Evaluasi, Program, Keaksaraan, Fungsional






Published
2019-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 36