KUALITAS PELAYANAN MOBILE SERVICE UNTUK PEMBAYARAN SANTUNAN KECELAKAAN OLEH PT. JASA RAHARJA PERWAKILAN SURABAYA

  • AYUK AYUNINGSARI
  • EVA HANY FANIDA

Abstract

Abstrak

Dalam rangka melindungi masyarakat dari kerugian akibat kecelakaan, pemerintah memberikan perlindungan berupa asuransi sosial bagi pengguna kendaraan bermotor. Perlindungan ini diberikan PT. Jasa Raharja Perwakilan Surabaya untuk korban kecelakaan, baik kecelakaan angkutan umum, diluar angkutan umum, dan tidak termasuk kecelakaan tunggal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian yang digunakan adalah dimensi desain website, kehandalan, daya tanggapi, keamanan/privasi, kostomisasi, informasi dan kemudahan penggunaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan pembayaran santuan kecelakaan yang diberikan sudah baik. Desain web site, dalam aplikasi movis memiliki tampilan sederhana dan sudah terorganisir dengan baik. Kehandalan menunjukkan pelayanan tepat dengan tidak perlu mengeluarkan biaya pelayanan. Pelayanan ini memberikan respon yang cepat dan tepat diberikan pada keluarga korban atau ahliwaris. Pelayanan ini terdapat jaminan keamanan melalui penggunaan aplikasi movis, serta keamanan terkait pencairan dana. Dimensi kustomisasi ditunjukkan melalui pelayanan yang fleksibel, keperdulian khusus terkait korban meninggal dunia. Informasi yang ada pada aplikasi movis terkini dan mudah dimengerti, meski masih ada ketidak akurat terkait kepastian korban. Kemudahan dalam pengunaan dan mencari informasi terkait pelayanan pembayaran santunan.

Kata Kunci : Kualitas, pelayanan, Santunan kecelakaan

Abstract

In order to protect the public from losses due to accidents, the government provides protection in the form of social insurance for motorized vehicle users. This protection is given by PT. Jasa Raharja Surabaya Representative for accident victims, both public transportation accidents, excluding public transportation, and not including single accidents. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The focus of the research used is the dimensions ofdesign website, reliability, responsiveness, security/privacy, costumization, information and ease of use. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The results showed that the quality of payment services provided by accident services was good. Web site design, in the application Movis has a simple appearance and is well organized. Reliability shows the right service with no need to pay service fees. This service provides a prompt and appropriate response given to the families of victims or heirs. This service has security guarantees through the use ofapplications movis, as well as security regarding funds disbursement. The dimensions of customization are shown through flexible service, special care regarding death victims. The information contained in theapplication is Movis current and easy to understand, although there are still inaccuracies related to the certainty of the victim. Ease of use and information about compensation services.


Keywords: Quality, Service, Accident compensation

Published
2019-04-05
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 134