EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI LAYANAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASAR (SILADAMAS) DI DINAS KOPERASI, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN TUBAN UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN RETRIBUSI PASAR

Authors

  • NURUL DHEA NARASMITA
  • EVA HANY FANIDA

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v7n3.p%25p

Abstract

ABSTRAK

Teknologi mulai diterapkan di berbagai instansi pemerintahan seluruh Indonesia, salah satunya adalah Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban. Pada prakteknya Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban memadukan sistem informasi dengan sebuah layanan, inovasi layanan tersebut bernama Sistem Informasi Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (SILADAMAS). Adanya SILADAMAS berfungsi untuk lebih memaksimalkan monitoring dan evaluasi pengelolaan pasar terutama memudahkan dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan pengembangan pasar serta otomatisasi pelayanan manajemen pengelolaan pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas Sistem Informasi Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (SILADAMAS) di Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban untuk peningkatan pendapatan retribusi pasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas Sistem Informasi Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (SILADAMAS) di Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Tuban untuk peningkatan pendapatan retribusi pasar terlaksana dengan efektif. Dikatakan efektif karena sejak diterapkannya Sistem Informasi Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (SILADAMAS) pada tahun 2015, dapat mengatasi permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan manajemen pasar daerah di Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Tuban, yang mana sebelum adanya Sistem Informasi Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (SILADAMAS), pengelolaan data pedagang masih dilakukan secara manual dan juga sistem pembayaran retribusi pasar juga masih belum terkontrol dengan baik. Akan tetapi, setelah adanya Sistem Informasi Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (SILADAMAS) ini dapat memudahkan administrator Siladamas, operator pasar, serta pedagang pasar dalam menghasilkan informasi yang transparan dan akuntabel. Hambatan yang muncul pada penerapan Sistem Informasi Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (SILADAMAS) sebagian besar dikarenakan dari masyarakat pasar sendiri yang kurang memahami perkembangan teknologi informasi. Saran untuk penerapan SILADAMAS kedepannya yaitu adanya inovasi pelayanan pengelolaan berbasis teknologi informasi diharapkan dapat berkelanjutan untuk diterapkan dan direplikasikan untuk pasar-pasar daerah yang lain pada obyek pendapatan yang lain. Sehingga penarikan pembayaran retribusi tidak dilaksanakan secara manual namun memanfaatkan teknologi informasi untuk perolehan PAD yang lebih optimal.

Kata Kunci: Efektivitas, Sistem Informasi Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (SILADAMAS), Retribusi Pasar

ABSTRACT

Technology began to be applied in various government institutions throughout Indonesia, one of them is Department of Cooperatives, Industry and Trade of Tuban District. In practice on Department of Cooperatives, Industry and Trade of Tuban District combines information systems with a service, the service innovation was name Service Information Systems and Market Community Empowerment (SILADAMAS). The existance of SILADAMAS function to maximize market management monitoring and evaluation especially to facilitate the planning and policy making of market development and the automation of market management services. The purpose of this study is to describe the effectiveness of the Service Information Systems and Market Community Empowerment (SILADAMAS) in the Department of Cooperatives, Industry and Trade of Tuban District to increase market retribution revenues. The type of research used in this study is descriptive research with a qualitative approach. The data analysis technique in this study uses an interactive model data analysis consisting of data collection, data reduction, data display and conclution drawn through interviews and documentation studies. The result of the study showed that the effectiveness of the Service Information Systems and Market Community Empowerment (SILADAMAS) in Department of Cooperatives, Industry and Trade of Tuban District for increasing market lexy income was implemented effectively. It is effective because since the implementation of the Service Information Systems and Market Community Empowerment (SILADAMAS) in 2015, it can overcome the problems that occur in regional market management in the Department of Cooperatives, Industry and Trade of Tuban District, which prior to the Service Information Systems and Market Community Empowerment (SILADAMAS), merchant data management is still done manually and also the market retribution payment system is still not well controlled. However, after the existance of the Service Information Systems and Market Community Empowerment (SILADAMAS) it can facilitate Siladamas administrators, market operators, and market traders in producing transparent and accountable information. The obstacles that arise on implementation of the Service Information Systems and Market Community Empowerment (SILADAMAS) are largely due to the market community itself who lacks understanding of the development of the information technology. The suggestion for the implementation of SILADAMAS in the future is the innovation of information technology-based management services are expected to be sustainable to be applied and repricated for other regional markets in other income objects. So that the withdrawal of payment retribution is not carried out manually but utilizes information technology to obtain more optimal local revenue.

Keywords: Effectiveness, Service Information Systems and Market Community Empowerment (SILADAMAS), Market Retribution









Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 118 , PDF Downloads: 229