EFEKTIVITAS APLIKASI MY PELINDO DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK SURABAYA

  • ACHMAD ZAKARIYA
  • FITROTUN NISWAH

Abstract

ABSTRAK
EFEKTIVITAS APLIKASI MY PELINDO DALAM MENINGKATKAN
KINERJA PEGAWAI PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO)
CABANG TANJUNG PERAK SURABAYA

Nama : Achmad Zakariya
NIM : 15040674080
Jurusan : Administrasi Publik
Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Fitrotun Niswah, S.AP., M.AP.,

Aplikasi my pelindo merupakan bentuk fasilitas kerja dari PT. Pelabuhan Indonesia
III (Persero) untuk para pegawai, yang bertujuan untuk memudahkan para pegawai dalam
melakukan aksi dan menerima informasi melalui fitur-fitur yang ada. Dengan adanya
aplikasi my pelindo pegawai menjadi lebih muda dalam melakukan presensi, vote,
menerima berita, mengisi kuisioner, SMKI dan sebagainya sehingga mampu
memberikan motivasi semangat kerja yang berdampak pada peningkatan kinerja
pegawai. Aplikasi my pelindo merupakan wujud realisasi Perdir No. 96/0S.0102/P.III2014
tentang
Kebijakan
Tata
Kelola
Teknologi
Informasi
Di
Lingkungan
PT.
Pelabuhan

Indonesia

III (Persero) yang dilaksanakan dalam program kerja Divisi Teknologi
Informasi yang masuk kedalam Enterprise Empowerment yaitu pengembangan sistem
aplikasi korporat sebagai single centralized application untuk mendukung proses bisnis
pendukung (SDM, Keuangan, Locking, Corporate Mobile Service) di kantor pusat serta
cabang. Sehingga dapat memudahkan dan memberikan pelayanan yang terstandardisasi
serta meningkatkan kenyamanan bagi pegawai, traceability dan auditability.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengukur efektivitas aplikasi my pelindo
dalam meningkatkan kinerja pegawai PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang
Tanjung Perak Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan
menggunakan indikator efektifitas menurut Tangkilisan (dalam, Maeyasari 2012 :19)
yang terdiri dari 4 indikator yaitu pencapaian target, kemampuan beradaptasi, kepuasan
kerja dan tanggungjawab. Dalam penelitian ini terdapat 82 responden dari jumlah 448
populasi.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai
instrumen penelitian yang kemudian hasil dari penyebaran kuisioner dianalisis
menggunakan metode penelitian dengan jenis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
penerapan aplikasi my pelindo di PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung
Perak Surabaya dinyatakan sudah berjalan efektif, dengan rincian skor persentase
indikator efektivitas yang pertama yaitu pencapaian target sebesar 84,6% kategori sangat
efektif, indikator yang kedua kemampuan berdadaptasi sebesar 82,6% kategori efektif,
indikator yang ketiga kepuasan kerja sebesar 78,9% kategori efektif adan indikator yang
keempat yaitu tanggungjawab sebesar 79,3% kategori efektif.
Kata Kunci : Efektivitas, Aplikasi My Pelindo, Kinerja



















xii

xiii

ABSTRACT
EFFECTIVENESS OF MY PELINDO APPLICATION IN IMPROVING
PERFORMANCE OF EMPLOYEES PT. PELABUHAN INDONESIA III
(PERSERO) TANJUNG PERAK BRANCH SURABAYA

Name : Achmad Zakariya
NIM : 15040674080
Department : Public Administration
Program of Study : S1 Public Administration
Faculty : Social Sciences and Law
University : Surabaya State University
Advisor : Fitrotun Niswah, S.AP., M.AP.,

My Pelindo application is a form of work facility from PT. Pelabuhan Indonesia
III (Persero) for employees, which aims to make it easier for employees to take action
and receive information through existing features. With the application of my pelindo
employees become younger in attendance, vote, receive news, fill out questionnaires,
ISMS and so on so as to provide motivation to work morale which has an impact on
improving employee performance. My Pelindo application is a manifestation of Perdir
No. 96 / 0S.0102 / P.III-2014 concerning Information Technology Governance Policies
in PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) which is implemented in the Information
Technology Division work program that is incorporated into the Enterprise
Empowerment, namely the development of a corporate application system as a single
centralized application to support supporting business processes (HR, Finance, Locking,
Corporate Mobile Service) at headquarters and branches. So that it can facilitate and
provide standardized services and increase comfort for employees, traceability and
auditability.
The purpose of this research is to measure the effectiveness of my pelindo
application in improving the performance of employees of PT. Pelabuhan Indonesia III
(Persero) Tanjung Perak Branch Surabaya. The type of research used is quantitative by
using indicators of effectiveness according to Tangkilisan (in, Maeyasari 2012: 19)
which consists of 4 indicators namely achievement of targets, adaptability, job
satisfaction and responsibility. In this study there were 82 respondents from 448
populations.
The method of data collection in this study uses a questionnaire as a research
instrument which then results from the distribution of questionnaires analyzed using
quantitative research methods. The results of the study show the application of my
pelindo application at PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Tanjung Perak Branch
Surabaya was declared to be running effectively, with details of the percentage score of
the first indicator of effectiveness, namely achieving a target of 84.6% in the category of
very effective, the second indicator of adaptation ability of 82.6% effective category,
indicators that third job satisfaction is 78.9% effective category and the fourth indicator
is the responsibility of 79.3% effective category.
Keywords: Effectiveness, My Pelindo Application, Performance

Published
2019-05-02
Section
Articles
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 450