EVALUASI KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN JOMBANG

  • AHMAD FATHONI

Abstract

Kualitas sumber daya manusia pegawai negeri sipil di suatu instansi pemerintahan merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan produktivitas kinerja instansi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi dan profesionalisme yang tinggi karena hal itu dapat mendukung peningkatan kinerja pegawai negeri sipil. Evaluasi kinerja adalah metode dan proses penilaian pelaksanaan tugas seseorang, sekelompok atau unit kerja dalam suatu perusahaan atau organisasi sesuai dengan standar kinerja atau tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Permasalahan yang diambil karena 1) Kurangnya kedisiplinan waktu kerja pegawai negeri sipil 2) Penempatan pegawai yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui tingkat kinerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang.

            Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Sedangkan populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai negeri sipil Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan sampel jenuh. Untuk menganalisa data yang diperolah menggunakan uji hipotesis t-test satu sample.

            Hasil penelitian menunjukkan kinerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kementerian Agama Kabuten Jombang sangat baik karena sesuai dengan hasil hitung diperoleh angka thitung  ≥ ttabel (22,2 ≥ 1,681) dan kinerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang mencapai 90% dari angka 65% dari skor yang diharapkan. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang sangat baik. Adapun saran yang dapat dijadikan masukan adalah 1) perlu peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, 2) sesuaikan penempatan kerja pegawai dengan latar belakang pendidikannya, 3) mengoptimalkan sarana dan prasarana kantor untuk kepentingan kantor, 4) meningkatkan disiplin jam kerja pegawai.

 

Kata kunci : evaluasi kinerja pegawai negeri sipil.

Published
2013-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 66