FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH BINA MANDIRI (BSBM) DI RW VI KELURAHAN NGAGEL REJO KECAMATAN WONOKROMO KOTA SURABAYA

  • RINDA WAHYUNING P

Abstract

Sampah merupakan permasalahan yang sangat kompleks. Volume sampah yang terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan pemukiman serta keterbatasan lahan untuk pembuangan akhir menjadikan masalah sampah sebagai salah satu masalah yang harus segera diselesaikan. Salah satu program yang ditujukan untuk mengatasi permasalah sampah dengan melibatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaannya adalah Program Bank Sampah Bina Mandiri yang ada di RW VI Kelurahan Ngagel Rejo Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Permasalahan yang diambil karena rendahnya partisipasi masyarakat RW VI dalam pengelolaan sampah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui program BSBM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui program BSBM.

   Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini di RW VI Kelurahan Ngagel Rejo Kecamatan Wonokromo Kota Surabaya. Populasinya adalah seluruh warga RW VI yang berjumlah 960 KK dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan rumus Solvin sehingga sampelnya berjumlah 91 KK. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penyebaran angket (kuesioner). Instrument pertanyaan diuji dengan uji validitas dan reabilitas menggunakan bantuan SPSS 14. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yaitu melalui tahap editing, coding, skoring, pengorganisasian data, membuat kelas interval.

   Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat yaitu kesempatan termasuk kategori rendah dengan jumlah skor total 972 dan berada dalam interval antara 728-1213 yang berkategori rendah. Untuk kemauan juga tergolong masih rendah dengan skor total 1058 dan berada pada interval antara 637 dan 1062 yang berkategori rendah, dan untuk kemampuan tergolong sedang dengan skor total 1210 dan termasuk dalam interval antara 1063 sampai 1488 yang berkategori sedang. Dari hasil tersebut, adapun saran yang dapat dijadikan masukan adalah pihak BSBM harus lebih membuka kesempatan kepada masyarakat untuk terlibat dalam setiap kegiatan, sosialisasi tentang program juga harus lebih ditingkatkan, dan memperluas jaringan kerjasama untuk memasarkan produk daur ulang.

 

Kata Kunci    : Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Sampah, Program Bank Sampah Bina Mandiri (BSBM)

Published
2013-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 157