INOVASI LAYANAN ANGKUTAN CERDAS SEKOLAH (ACS) BERBASIS APLIKASI DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PONOROGO

  • AGUS BAMBANG TRI ATMOJO
  • MEIRINAWATI

Abstract

Abstrak

Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo menciptakan inovasi untuk meningkatkan kualitas layananan di bidang transportasi, yaitu inovasi layanan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) Berbasis Aplikasi. Inovasi ini dilatarbelakangi tingginya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintaspelajar di Kabupaten Ponorogo serta meningkatnya kemajuan teknologi informasi internet. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Inovasi Layanan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) Berbasis Aplikasi di Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Fokus yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Cook, Mathew, dan Erwin dalam Fadilla (2016) yaitu Leadership (kepemimpinan), Management/ Organizations (Manajemen/Organisasi), Risk Management (Manajemen Resiko), Human Capital (Kemampuan Sumber Daya Manusia), Technology (Teknologi).Hasil penelitian menunjukkanlayanan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) sudah cukup berhasil dan diterima oleh masyarakat, hal tersebut dapat dilihat dari faktor keberhasilan inovasi yaitu faktor Kepemimpinan yang menunjukkan adanya peran dan tanggung jawab seorang pemimpin. Faktor Managemen/Organisasi menunjukkan adanya strategi dalam mengembangkan layanan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) dengan mensosialisasikan layanan ACS ke pelajar. Faktor Managemen Resiko menunjukkan masih ada sebagian driver ACS yang mengangkut penumpang umum. Faktor Sumber Daya Manusia menunjukkan adanya pelatihan bagi staflayanan Angkutan Cerdas Sekolah. Faktor Teknologi menunjukkan adanya aplikasi yang dapat diunduhdi Playstore sebagai alat pendukung layanan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS). Saran dari peneliti untuk layanan ACS adalah perlu tindakan yang tegas atau sanksi bagi driver ACS yang mengangkut penumpang umum sehingga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan meningkatkan minat pelajar untuk menggunakan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS).

Kata Kunci : Pelayanan, Publik, Inovasi

Abstract

The Department of Transportation of the Ponorogo Regency creates innovations to improve service quality in the field of transportation, namely Application-Based Smart School Transport (ACS) innovation. This innovation is motivated by the high number of accidents and student traffic violations in Ponorogo Regency and the increasing progress of internet information technology. The purpose of this study was to describe Application-Based Smart School Transport Services (ACS) at the Ponorogo Regency Transportation Service. The method used in this study is descriptive qualitative. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. The focus used in this study uses the theories of Cook, Mathew, and Erwin in Fadilla (2016), namely Leadership, Management / Organizations, Risk Management, Human Capital , Technology. The results showed that the School Smart Transportation (ACS) service was quite successful and accepted by the community, it can be seen from the success factors of innovation, namely the Leadership factor that shows the role and responsibility of a leader. Management / Organizational Factors indicate a strategy in developing Smart School Transport (ACS) services by disseminating ACS services to students. Risk Management Factors indicate that there are still some ACS drivers who carry public passengers. Factors Human Resources show training for School Smart Transportation service staff. Technological factors indicate that there is an application that can be downloaded in Playstore as a support tool for Smart School Transport services (ACS). Suggestions from researchers for ACS services are to need strict action or sanctions for ACS drivers who carry public passengers so that they are expected to improve service and increase student interest in using Smart School Transportation (ACS).

Keywords: Service, Public, Innovation


Published
2019-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 600