KUALITAS PELAYANAN PROGRAM LES UJIAN PRAKTEK SIM (LUPS) DALAM PENGURUSAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) DI SATUAN LALU LINTAS POLRES NGANJUK

  • VITA ZUHROHTUL MASUDAH
  • EVA HANY FANIDA

Abstract

Pada tanggal 24 Februari 2018 lalu, Satuan Lalu Lintas Polres Nganjuk menciptakan program terbaru yaitu Les Ujian Praktek SIM (LUPS). Yang melatar belakangi program ini dibuat adalah karena banyaknya keluhan dari masyarakat terkait sulitnya lulus ujian praktek. Dimana ujian praktek tersebut merupakan salah satu syarat dalam mendapatkan Surat Izin Mengemudi. Sehingga program ini diciptakan untuk membantu masyarakat agar dapat lebih mudah dalam mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Tujuan dari peneliti yakni ingin mengetahui seberapa besar Kualitas Pelayanan Program Les Ujian Praktek SIM (LUPS) dalam Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Lalu Lintas Polres Nganjuk.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini terdiri dari empat indikator diantaranya adalah ekonomis (economy), efisiensi (eficiency), efektivitas (efectiveness), dan keadilan (equity). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Yang dianalisis menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman (dalam Sugiyono, 2015) yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di lapangan, secara keseluruhan Kualitas Pelayanan Program Les Ujian Praktek SIM (LUPS) dalam Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Lalu Lintas Polres Nganjuk menunjukkan sudah cukup baik, namun masih perlu adanya perbaikan dalam beberapa aspek salah satunya adalah adalnya penambahan materi untuk peserta LUPS, perlu adanya pendataan peserta LUPS sebagai pedoman seberapa besar tujuan program yang sudah dicapai, serta perlu dibuatnya Standard Operating Procedures (SOP) agar proses pelayanan dapat berjalan lebih baik lagi.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, LUPS, SIM

On February 24, 2018, the Nganjuk Police Traffic Unit created the newest program, namely the SIM Practice Exam (LUPS). The background of this program was made because of the many complaints from the community regarding the difficulty of passing the practice exam. Where the practice exam is one of the requirements in obtaining a drivers license. So that this program was created to help people to get easier in getting a drivers license (SIM).. The aim of the researcher is to find out how much the Service Quality of the SIM Practice Exam (LUPS) Program is in the Management of Driving License (SIM) in the Nganjuk Police Traffic Unit.

The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. The focus of this study consisted of four indicators including economic (economy), efficiency (effectiveness), effectiveness (equity) and equity (equity). The technique of collecting data is done through interviews, observation, literature studies and documentation. Those analyzed using data analysis techniques according to Miles and Huberman (in Sugiyono, 2015), namely data collection, data reduction, data presentation, and decision making.

Based on research conducted by researchers in the field, overall the Service Quality of the SIM Practice Examination Program (LUPS) in the Management of Driving License (SIM) in the Nganjuk Police Traffic Unit shows that the quality of services provided is quite good, but still needs improvement in some aspects of which are the addition of material for LUPS participants, there is a need for data collection of LUPS participants as guidelines for how much program objectives have been achieved, and the need for Standard Operating Procedures (SOP) so that the service process can be better.

Keywords: Service Quality, LUPS, Driver’s License



Published
2019-05-21
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 47