INOVASI PELAYANAN LOWONGAN PEKERJAAN MELALUI PROGRAM AYO KERJA DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PENDUDUK PROVINSI JAWA TIMUR

  • BIMA CAHAYA PUTRA
  • PRASETYO ISBANDONO

Abstract

Abstrak

Sebagai salah satu instansi pemerintah yang bergerak di bidang pelayanan publik, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang optimal berusaha memberikan inovasi baru terhadap kebutuhan masyarakat, khususnya para pencari kerja yang mengeluhkan ketidaknyamanan dalam mendapatkan informasi lowongan kerja seperti : kurang validnya informasi yang ada, kurang jelasnya informasi lowongan pekerjaan, terbatasnya informasi lowongan pekerjaan. Oleh karena itu untuk menanggapi hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur membentuk inovasi pelayanan publik melalui Program “Ayo Kerja”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan inovasi yang telah dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur melalui Program “Ayo Kerja” dengan berlandaskan teori atribut inovasi dari Rogers yang dapat dilihat dari atribut relative advantage, compatibility, compleximity, triability, dan observability. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan inovasi pelayanan publik yang telah dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur melalui Program “Ayo Kerja” ini mendapatkan sambutan yang baik dari para pencari kerja walaupun dalam pelaksanaannya sendiri masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Program “Ayo Kerja” ini merupakan inovasi yang baru dan bisa mengikuti berkembangnya teknologi. Pada atribut relative advantage menunjukkan bahwa para pencari kerja senang dengan adanya Program “Ayo Kerja” ini, selain merupakan inovasi yang baru, para pencari kerja juga merasa lebih mudah mengakses informasi lowongan kerja melalui online dan pasti sudah terbukti informasi yang diberikan valid. Atribut compatibility telah menunjukkan bahwa inovasi Program “Ayo Kerja” ini sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat, karena kurang jelas, tidak update informasi lowongan pekerjaan sudah tidak dirasakan oleh para pencari kerja yang mengunjungi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur. Compleximity pada prosedur dan mekanismepara pencari kerja tidak terdapat perubahan seperti melengkapi data diri dan CV. Atribut triability ini masih perlu sedikit diperbaiki hal tersebut dapat dilihat dalam hal website yang loading sering dikeluhkan para pencari kerja, sedangkan atribut observability secara umum menunjukkan bahwa dengan adanya Program “Ayo Kerja” ini masalah-masalah yang banyak dikeluhkan pencari kerja tampak teratasi dengan baik, bahkan website sering loading saat dibuka menunjukkan antusias para pencari kerja menggunakan inovasi yang diberikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur ini. Secara umum inovasi ini dapat memberikan solusi terhadap permasalahan seperti lebih mudahnya mendapatkan informasi lowongan kerja yang terpercaya, dan cepatnya update lowongan pekerjaan terbaru melalui online, tetapi disisi lain muncul permasalahan baru dikarenakan website sering eror. Beberapa hal yang disarankan adalah dengan menambah fasilitas yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Penduduk Provinsi Jawa Timur, dan lebih memperhatikan layanan online seperti website yang sering eror.

Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan, Publik, Ayo Kerja.



Published
2019-06-28
Section
Articles
Abstract View: 39
PDF Download: 160