Kualitas Pelayanan Elektronik Cepet Mule (Cepat, Tepat, Mudah dan Tidak Bertele-tele) di Kantor Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

  • FRITA AYU PRIBADI
  • FITROTUN NISWAH

Abstract

Abstrak

Pelayanan publik merupakan kebutuhan bagi setiap masyarakat.Oleh karena itu, setiap instansi publik perlu berupaya untuk memberikan pelayanan yang baik dan sesuai dengan perkembangan zaman.Salah satunya dengan menerapkan pelayanan publik berbasis elektronik. Oleh sebab itu, Kantor Kecamatan Tulangan membuat sebuah inovasi pelayanan elektronik Cepet Mule (Cepat, Tepat, Mudah dan Tidak Bertele-tele) untuk mempermudah pelayanan administrasi bagi masyarakat. Kata Cepet Mule diambil dari Bahasa Jawa yang berarti cepat pulang, hal ini diharapkan kepengurusan yang akan diajukan melalui pelayanan Cepet Mule agar cepat selesai, memudahkan masyarakat, dan cepat pulang.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan elektronik Cepet Mule di Kantor Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah enam dimensi dari Papadomichelaki dan Mentzas (2012) tentang kualitas layanan e-Government (E-GovQual) yang meliputi ease of use (kemudahan penggunaan), trust (kepercayaan), functionality of interaction environment (fungsi interaksi lingkungan), reliability (keandalan), content and appearance (konten dan penampilan) dan citizen support (pendukung). Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan elektronik Cepet Mule di Kantor Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo sudah baik.Walaupun masih terdapat kendala dan beberapa hal yang kurang didalamnya, seperti tidak adanya informasi kontak didalam website atau aplikasi, lamanya data kependudukan untuk diperbaharui, serta aplikasi Cepet Mule yang belum tersedia didalam playstore dan appstore.Sehingga peneliti memberi saran yaitu dengan menambahkan informasi kontak didalam website Cepet Mule serta diperlukan memperbaharui data, informasi dan tampilan didalam Cepet Mule secara berkala.Selain itu, aplikasi Cepet Mule agar didaftarkan didalam playstore dan appstore untuk mempermudah pengguna.

Kata Kunci :Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, E-GovQual, Pelayanan Cepet Mule

Abstract

Public services are a necessity for every community. Therefore, every public body needs to try to provide good services and in accordance with the times. One of them is by implementing electronic-based public services. Therefore, the Tulangan District Office makes innovative Cepet Mule electronic services (Fast, Right, Easy and Not Prolonged) to simplify administrative services for the community. The word Cepet Mule is taken from the Javanese language which means go home quickly, it is hoped that management will be delivered through the Cepet Mule service so that it is completed quickly, makes it easier for the community, and quickly returns home.The purpose of this study was to describe about the quality of service Cepet Mule in the Tulangan sub-district Office, Sidoarjo District. The type of research used in this research is descriptive research with qualitative approach. The theory used in this study was six dimensions about the quality of e-Government Services (E-GovQual) by Papadomichelaki dan Mentzas (2012), includes Ease of use, Trust, Functionality of interaction environment, Reliability, Content and appearance, and Citizen Support. Technique of data analysis was performed with data collection, data reduction, the presentation of the data, and draw conclusions.The results of this study showed the quality of service Cepet Mule in the Tulangan sub-district Office is already good. But there are still problems such as absence of contact information on the website or application, Old population data updated and Cepet Mule applications that are not yet available on Playstore and Appstore. So the researchers made a suggestion by adding contact information on the Cepet Mule website and it is necessary to update the data, information and appearance on Cepet Mule regularly. In addition, the Cepet Mule application should be registered in the playstore and appstore to make it easier for users.

Keywords: Public Service, Service Quality, E-GovQual, Cepet Mule Service

Published
2020-01-20
Section
Articles
Abstract Views: 140
PDF Downloads: 347