INOVASI APLIKASI REKONSILIASI DATA KEPEGAWAIAN (AREK) DI BIDANG PENSIUN KANTOR REGIONAL II BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA KOTA SURABAYA

  • ADITYA GALUH PERSADA
  • EVA HANY FANIDA

Abstract

Abstrak

Aplikasi Arek merupakan salah satu bentuk proses tranformasi menuju e-government yang dilaksanakan oleh Kantor Regional II BKN Surabaya. Aplikasi Arek berfungsi untuk me-rekonsiliasi data calon pensiun PNS, dari yang sebelumnya data di kumpulkan dan di kolektif secara manual, beralih ke era digital yang menggunakan konsep paperless dimana data yang berasal dari pengurus langsung masuk ke aplikasi dan di verifikasi secara otomatis oleh aplikasi tersebut sehingga data yang diterima lengkap dan terintegrasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Inovasi Aplikasi Arek di Kantor Regional II BKN Kota Surabaya dan untuk mengetahui bagaimana respon masyarakat dengan adanya inovasi tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah Teori Karakteristik Inovasi yang dikemukakan oleh Rokhman Ali (2011) yang terdiri dari 5 (lima) indikator, yaitu relative advantage (keuntungan relatif), image (gambaran), compability (tingkat kompabilitas), ease of use (kemudahan penggunaan), dan use intensions (intensitas penggunaan). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Wawancara dilakukan dengan pihak BKN sebagai pemberi layanan dan pihak penghubung PNS sebagai penerima layanan, yaitu penghubung dari BKD Provinsi Jawa Timur dan BKD Kota Surabaya. Hasil penelitian membuktikan bahwa Kantor Regional II BKN Kota Surabaya telah berusaha untuk mempermudah pegawai di bidang pensiun dan mempermudah masyarakat (penghubung PNS) dibuktikan dengan diluncurkannya inovasi aplikasi Arek, Dengan Teori Karakteristik Inovasi dapat dianalis bahwa aplikasi Arek sudah berjalan dengan baik, karena dapat memangkas proses birokrasi dan mempermudah pekerjaan pegawai karena data pensiun telah tersistemasi dan terintegrasi. Dalam segi interaksi dan proses pelayanan menjadi lebih efektif dan fleksibel karena pihak penghubung PNS tidak memerlukan bertatap muka secara langsung dengan pegawai BKN, kecuali jika terdapat data yang bermasalah. Aplikasi Arek cukup user-friendly untuk dioperasikan oleh pemberi layanan maupun penerima layanan, meskipun pada awalnya dibutukan adaptasi teknologi karena faktor usia. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat saran terkait pelaksanaan inovasi Aplikasi Arek yaitu perlu adanya sosialisasi yang lebih untuk masyarakat (penghubung PNS) yang ada di Jawa Timur supaya aplikasi Arek menjadi lebih dikenal, serta perlu adanya perbaikan kualitas jaringan internet yang selama ini menjadi kendala aplikasi Arek.

Kata Kunci: Inovasi, E-government, Aplikasi Kepegawaian.

Abstract

The Arek application is a form of the transformation process towards e-government implemented by the Regional Office II of BKN Surabaya. The Arek application functions to reconcile the data of prospective civil servant pensions, from which previously data was collected and collectively manually, shifting to the digital era using the paperless concept where data from administrators directly enters the application and is verified automatically by the application so that the data received is complete and integrated. The purpose of this study is to describe the Arek Application Innovation at the Regional Office II of BKN of Surabaya City and to find out how the publics response to the innovation. The type of research is descriptive using a qualitative approach. The theory used to analyze this research is the Innovation Characteristics Theory by Rokhman Ali (2011) which consists of 5 (five) indicators of relative advantage, image, compability, ease of use, and use intensions. The techniques of collecting data through interviews, documentation, and observation. Interviews were conducted with the BKN as the service provider and the government employees’ communicator as the service recipient, that is communicator from BKD of East Java Province and BKD of Surabaya City. The results of the research prove that the Regional Office II of BKN Surabaya City has tried to facilitate employees in the field of retirement and facilitate public (government employees’ communicator) as evidenced by the launch of the Arek application innovation. The Innovation Characteristics Theory can be analyzed that the Arek application has run well, because it can cut the process bureaucracy and simplify employee work because retirement data has been systemized and integrated. In terms of interactions and service processes, it becomes more effective and flexible because the government employees’ communicator does not require face-to-face meetings with BKN employees, unless there is problematic data. The Arek application is quite user-friendly to be operated by service providers and service recipients, although initially technology adaptation is needed because of age. Based on the results of the research, there are suggestions related to the implementation of Arek Application innovation such as, more socialization for the government employees’ communicator in East Java so that the Arek application becomes better known, as well as the need for improvement in the quality of the internet network which has been an obstacle for the Arek application.

Keywords: Innovation, E-government, Employees Application.





Published
2020-01-22
Section
Articles
Abstract Views: 175
PDF Downloads: 230