Inovasi Aplikasi SANTRI RS (SMS Antrian Rumah Sakit) Android Di Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Spesialis Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sidoarjo

  • INGE CINDY PRADINA
  • MEIRINAWATI

Abstract

Pelayanan dibidang kesehatan merupakan aspek yang sangat. RSUD di Kabupaten Sidoarjo rumah sakit milik pemerintahan daerah yang mengutamakan pelayanan yang optimal untuk pasien. RSUD Sidoarjo mengeluarkan pngantrian pasien instalasi rawat jalan secara online yaitu inovasi Santri (SMS antrian) di RSUD Sidoarjo pada 1 April tahun 2016 diseluruh poliklinik RSUD Sidoarjo. Tetapi sejak tanggal 5 September 2019 Santri (SMS antrian) berubah menjadi aplikasi yang bernama Santri RS (SMS Antrian Rumah Sakit) Android yang dapat di download melalui google playstore. Manfaat dalam aplikasi SANTRI RS Android untuk mengakomodir kebutuhan pasien terkait antrian untuk rawat jalan di RSUD Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil inovasi Aplikasi Santri RS (SMS Antrian Rumah Sakit) Android di Instlasi Rawat Jalan Poliklinik Spesialis RSUD Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan fokus penelitiannya menggunakan inovasi perawatan kesehatan. Faktor kunci yang di pengaruhi proses inovasi di sektor publik meliputi: tata kelola inovasi, sumber ide-ide untuk inovasi, budaya inovasi, kemampuan dan alat-alat, tujuan, hasil, driver, dan hambatan, mengumpulkan data inovasi untuk inovasi tunggal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Governance and innovation (tata kelola inovasi) yang terdapat dalam inovasi aplikasi Sanri RS Android di instalasi rawat jalan poliklinik spesialis RSUD Sidoarjo dengan adanya payung hukum dan SOP (Standart Operasional Prosedur) dalam pelaksanaan nya, Innovation culture (budaya inovasi) pasien yang sudah mendaftar melalui aplikasi Santri RS juga mendaftar manual sehingga pasien tersebut mendaftar melalui dua cara dengan nomor antrian yang didapat sama saja, Objectivies Outcomes drivers and obstalces Dari beberapa hambatan yang terjadi menimbulkan harapan kedepan dari pasien untuk pelaksanaan aplikasi Santri RS android yaitu sosialisasi pihak RSUD Sidoarjo lebih ditingkatkan dan diperbaiki lagi dalam aplikasi agar tidak sering terjadi error.

Kata kunci : Pelayaan Publik, Inovasi Pelayanan Publik, Aplikasi SANTRI RS

Published
2020-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 236
PDF Downloads: 481