EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI 30 DETIK DI DESA PANGKAHKULON KECAMATAN UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK

  • RISNAWA KARTIKA
  • MEIRINAWATI

Abstract

Abstrak

Suatu negara tentunya memiliki tujuan untuk mensejahterahkan masyarakatnya. Untuk mewujudkan tujuannya, pastinya negara memiliki upaya yang akan dilakukan demi terwujudnya tujuan tersebut. Salah satu upaya mensejahterahkan masyarakat yakni dengan menyediakan pelayanan publik. Adapun di Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik mempunyai keunggulan dalam bidang pelayanan yakni administrasi 30 detik yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat tanpa harus menunggu lama, karena waktu yang dibutuhkan dalam penyelesaiannya hanya 30 detik. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan Efektivitas Pelayanan Administrasi 30 detik. Dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Fokus penelitian dengan menggunakan teori efektivitas pelayanan dari Peraturan MENPAN Nomor 15 Tahun 2014 meliputi persyaratan, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, produk pelayanan, pengelolaan pengaduan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, sarana dan prasarana, jaminan keamanan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi, teknik analisis menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 543 dengan sampel 84 responden. Penelitian ini menggunakan teknik sampling incidental. Sembilan indikator yang telah digunakan oleh peneliti tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini dapat dikatakan berhasil, meskipun ada kekurangan dalam pelaksanaannya. persyaratan memperoleh 75,1%, prosedur pelayanan memperoleh 73,6%, waktu pelayanan memperoleh 74,9%, produk pelayanan memperoleh 75,7%, pengelolaan pengaduan memperoleh 76,4%, kompetensi pelaksana memperoleh 75,5%, perilaku pelaksana memperoleh 76,9%, sarana dan prasarana memperoleh 77,2%, jaminan keamanan memperoleh 73,3%. Keseluruhan nilai persentase dari sembilan indikator efektivitas pelayanan memperoleh 73,0% yang berarti “Efektif”.Saran yang dapat peneliti berikan mengenai penelitian yaitu diadakannya sosialisasi mengenai persyaratan, prosedur dan waktu pelayanan yang jelas, untuk alur persyaratan diubah seperti dibuatkannya papan atau banner yang berisi tentang skema pelayanan, penambahan sarana dan prasarana yaitu kursi dan kipas angin dalam ruang pelayanan, ditambahkannya kapasitas memori atau ruang komputer sehingga dapat mencegah kelemotan pada saat pelayanan berlangsung.

Kata Kunci : Efektivitas Pelayanan, Administrasi 30 detik

Abstract

A country must have a purpose for the welfare of the community. In order to realize its objectives, certainly the country has the effort to be made in order to materialize it. One of the efforts to enrich the community is by providing public services. In the village of Pangkahkulon in the district of Ujungpstepping Gresik Regency has an advantage in the field of service namely administration of 30 seconds that aims to provide services that are easier and faster without having to wait long, because the time required in the completion of only 30 seconds. The purpose of the study to know and describe the effectiveness of administrative services 30 seconds. By using quantitative descriptive research type. Research focus using the service effectiveness theory of regulation MENPAN number 15 year 2014 covering requirements, service procedures, service time, service products, complaint management, implementing competence, implementing behavior, facilities and infrastructure, security assurance. Data collection techniques using questionnaires and observations, analytical techniques using quantitative data analysis and descriptive analysis. The population in the study was 543 with a sample of 84 respondents. This research uses incidental sampling techniques. Nine indicators that have been used by the researcher show that this research can be said to be successful, although there is a deficiency in its implementation. Requirements gained 75.1%, service procedures gained 73.6%, service time gained 74.9%, service products gained 75.7%, complaint management gained 76.4%, implementing competence obtained 75.5%, implementing behaviour of 76.9%, facilities and infrastructure obtained 77.2%, security guarantees gained 73.3%. The overall percentage value of the nine service effectiveness indicators gained 73.0% which means "effective". Advice that researchers can give about the research that is holding a socialization of the requirements, procedures and time of service is clear, for the flow of requirements changed such as making it a board or banner that contains about the scheme of services, the addition of facilities and infrastructures that are seats and fans in the service room.

Keywords: Effectiveness services, 30 seconds administrations.

Published
2020-04-17
Section
Articles
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 89