Kualitas Pelayanan Pendaftaran Pasien Melalui Sistem Informasi Antrian di Puskesmas Tarik (SIAP TARIK) Kecamatan Tarik-Sidoarjo

  • PUTRI NOVIA AZHARI
  • FITROTUN NISWAH

Abstract

Abstrak

Pelayanan publik dapat di artikan sebagai suatu bentuk pelayanan yang diberikan oleh pemerintah atau aparatur negara. Untuk memberikan pelayanan yang baik berupa jasa ataupun barang, yang digunakan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam menyelesaikan kepentingan yang dibutuhkan oleh masyarakat, karena pelayanan publik sangat di perlukan dalam suatu negara untuk dapat membantu dan mengukur kesejahateraan masyarakat melalui pelayanan-pelayanan yang diberikan kepada publik. Adapun salah satu pelayanan yang diberikan oleh pemerintah yaitu berupa pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan sendiri dapat berupa kemudahan pendaftaran antrian seperti halnya yang di lakukan oleh Puskesmas Tarik. Pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Tarik yakni berupa aplikasi untuk mempermudah pendaftaran pasien yang dinamai dengan SIAP TARIK (Sistem Informasi Antrian di Puskesmas Tarik), aplikasi ini bertujuan untuk dapat mempermudah pasien mendapatkan nomor antrian secara online tanpa harus mengantri di puskesmas. Tujuan dari penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan Pendaftaran Pasien Melalui Sistem Informasi Antrian Di Puskesmas Tarik (Siap Tarik) Kecamatan Tarik-Sidoarjo. Dengan teori Parasuraman (2005) yang memiliki empat model untuk mengukur kualias pelayanan dengan menggunakan metode E-S-Qual oleh yaitu: Efficiency, Fullfilment, System Availability, dan privacy.

Dari empat indikator yang digunakan pada penelitian ini menunjukan hasil dari kualitas pelayanan pendaftaran menggunakan SIAP TARIK sudah sesuai dengan standar pelayanan yang seharusnya. Hal tersebut dapat didukung oleh hasil perhitungan setiap indikator sebagai berikut : indikator Efficiency (Efisiensi) dengan jumlah prosentase sebesar 89,17%, indikator Fulfillment (Penyelesaian) dengan jumlah prosentase sebesar 83,85%, indikator System Availability (Ketersediaan sistem) dengan jumlah prosentase sebesar 81,17%, indikator Privacy (Rahasia Pribadi) dengan jumlah prosentase sebesar 86,90%. Dari hasil pada setiap item indikator tersebut dapat di ketahui jumlah keseluruhannya dengan hasil prosentase yaitu sebesar 85,54% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, E-S-Qual, SIAP TARIK, Puskesmas

Published
2020-04-27
Section
Articles
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 159