Kualitas Sistem SIMPEG Online di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sampang

  • NADYA ALVI RIZQA FARADILLA
  • FITROTUN NISWAH

Abstract

Abstrak

Besarnya angka pelayanan di bidang kepegawaian yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sampang melalui SIMPEG manual sering kali mengalami kesulitan karena kurangnya tenaga dalam proses pengolahan data pegawai. Banyaknya pegawai yang akan melakukan pembaharuan data tidak sebanding dengan jumlah operator yang menangani sehingga ketika memasukkan data sering terjadi kesalahan. SIMPEG manual juga dirasa kurang efektif karena banyak data pegawai yang hilang, tertukar, maupun data yang dihasilkan terkadang tidak up to date. Dengan adanya permasalahan tersebut dan didukung oleh kemajuan teknologi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mencoba untuk menerapkan SIMPEG berbasis online. Namun, setelah diterapkannya SIMPEG berbasis online ini dilapangan masih mengalami kendala, sehingga hal ini menarik bagi peneliti untuk mengukur tingkat kualitas sistem dari SIMPEG berbasis online di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sampang.

Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan teknik pengambilan samplel menggunakan purposive sampling serta melakukan wawancara ke beberapa responden untuk mendukung hasil data yang didapat. Fokus penelitian dalam penelitian ini menggunakan teori menurut DeLone and McLean yang telah diperbaharui (2003) tentang analisis kesuksesan sistem informasi, namun peneliti hanya mengambil variabel “Kualitas Sistem” yang terdiri dari Easy of Use, Response Time, Reliablity, Flexibility, dan Security.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem SIMPEG online di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sampang mencapai persentase 78,22% dan masuk dalam interval 61%-80% dengan kategori baik. Adapun rincian kualitas sistem dari setiap indikator antara lain indikator easy of use dengan persentase sebesar 79,87%, kemudian indikator response time dengan persentase sebesar 77,43%, indikator reliability dengan persentase sebesar 75,38%, indikator flexibility dengan persentase 78,45%, dan indikator security dengan persentase sebesar 80%.

Kata Kunci: Kualitas sistem, aplikasi, SIMPEG online

Abstract

The amount of service in field of staffing which is conducted by Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang District via SIMPEG manual often have difficulty because lock off man power in the process of processing employee data. the number of employees who will perform data update not comparable with amount of operators who handle it, so when uploading data often an error occurs. SIMPEG manual is also considerd less affective, because lot of employee data lost. With the existence of these problems and support by technology advance Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) try to apply SIMPEG online based. But after the application of this online-based SIMPEG on the field still having problems. So this case interesting for researchers for measure quality system level from SIMPEG online-based in Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang district.

Types of research which use by researcher is descriptive research with using quantitave approach. Data collection technique carried in away by distributing questionnaries to 100 respondent with sampling technique use purposive sampling and conducting interviews to some respondent to support the result of the data obtained. The focus of research of this study uses theory of deLone and McLean which is have been updated 2003 about system success analysis information, but researcher just choose the variable “quality system” which consist of easy of use, response time, reliablity, flexibility, and security.

The result of this research is showing that SIMPEG based online quality level in Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang district reach a percentage of 78,22% and enter the interval 61%-80% with a good category. As for the details of the quality of system form every indicator is easy of use indicator with percentage by 79,87% then response time indicator with percentage by 77,43%, reliablity indicator with percentage by 75,38%, flexibility indicator with percentage by 78,45%, and security indicator with percentage by 80%.

Keywords: Quality system, application, SIMPEG online-based

Published
2020-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 66