PENERAPAN ELECTRONIC GOVERNMENT MELALUI SISTEM LAYANAN SURAT KETERANGAN ELEKTRONIK (E-SUKET) DI KELURAHAN POJOK KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI

  • REGITA ADE IRAWAN
  • EVA HANY FANIDA

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, Walikota Kota Kediri bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri menciptakan dan mengembangkan sebuah inovasi dalam pelayanan publik yaitu Surat Keterangan Elektronik (E-Suket) yang berbasis aplikasi dan website. E-Suket merupakan sistem layanan pembuatan surat keterangan online yang dapat digunakan oleh seluruh warga di Kota Kediri tanpa harus datang dan mengantri di kantor Kelurahan. Tidak hanya digunakan oleh warga, E-Suket juga digunakan oleh petugas kelurahan dalam pembuatan surat keterangan. Salah satu kelurahan di Kota Kediri yang menerapkan E-Suket adalah Kelurahan Pojok. Kelurahan Pojok merupakan kelurahan pertama yang berhasil dalam uji coba penerapan E-Suket di Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Sistem Layanan Surat Keterangan Elektronik (E-Suket) di Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk menganalisis penelitian ini digunakan 3 faktor keberhasilan penerapan electronic government oleh Hafid (2017) yang meliputi Institutional Success Factor, Organizational Success Factor, Technological Success Factor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan E-Suket di Kelurahan Pojok sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut didukung berdasarkan faktor-faktor keberhasilan penerapan electronic government menurut Hafid (2017). Pada faktor otoritas pemimpin, seorang pemimpin di Kelurahan Pojok memiliki pengaruh yang begitu besar dalam memberikan pelayanan melalui E-Suket. Selanjutnya pada faktor Standard Operating Procedur (SOP), penerapan E-Suket di Kelurahan Pojok telah dilakukan berdasarkan SOP yang telah ditetapkan. Faktor selanjutnya yaitu keahlian teknologi dan infrastruktur teknologi. Penerapan E-Suket di Kelurahan Pojok telah didukung dengan sumber daya manusia dan peralatan yang memadai. Namun pada fiturnya, tidak semua jenis surat keterangan ada pada aplikasi E-Suket. Pada faktor manajemen proyek dan finansial sudah berjalan dengan baik dan tidak ada masalah terhadap anggaran.

Kata Kunci:Pelayanan Publik, Electronic Government, E-Suket.
Published
2020-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 277
PDF Downloads: 422