INOVASI PELAYANAN PECEL ANDOK (PELAYANAN CEPAT KELILING ADMINISTRASI DOKUMEN KEPENDUDUKAN) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MADIUN

  • PURI KARNIA
  • EVA HANY FANIDA

Abstract

Inovasi pelayanan Pecel Andok (Pelayanan Cepat Keliling Administrasi Dokumen Kependudukan) merupakan sebuah inovasi yang diciptakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun dalam memberikan pelayanan pengurusan semua dokumen kependudukan dan akta-akta pencatatan sipil yang dapat langsung diterbitkan ditempat dengan keliling ke setiap kelurahan dan tempat umum menggunakan sarana mobil keliling di Kota Madiun. Pelayanan ini diciptakan untuk mengatasi permasalahan pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil yang dirasa masih kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan Pecel Andok (Pelayanan Cepat Keliling Administrasi Dokumen Kependudukan) di Dispendukcapil Kota Madiun. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komponen kapasitas inovasi menurut Prof. Y. Emery et al., dalam Trends And Challenges Towards Innovative Public Services (2015:4-10) yang memiliki 5 (lima) indikator antara lain, Innovative Culture, Leadership, Expert Knowledge,Stake Holder Engagement, Innovative Work Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Kependudukan da Pencatatan Sipil Kota Madiun telah memenuhi lima komponen kapasitas inovasi serta dalam pelaksanannya sudah berjalan dengan cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanannya baik dari faktor internal maupun eksternal. Budaya inovatif telah diterapkan dalam aktivitas sehari-hari. Kepemimpinan memiliki andil yang besar dengan menempatkan diri sebagai contoh, koordinator dan motivator. Pengetahuan ahli menunjukkan bahwa penanggungjawab serta pelaksananya cukup mumpuni. Keterlibatan pemangku kepentingan semua mendukung tetapi terkadang pihak RT lupa untuk memberitahukan jadwal pelaksanaan dan juga terkadang masih ada trouble jaringan dari pusat. Desain kerja yang inovatif telah diterapkan dengan baik.

Kata kunci: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan, Pecel Andok



Published
2020-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 237
PDF Downloads: 403