Implementasi Aplikasi JOGO SUROBOYO 2407 Sebagai Upaya Peningkatan Keamanan Oleh Kepolisian Resort Kota Besar (POLRESTABES) Kota Surabaya

  • MOHAMMAD BAHRUR RIZQI
  • EVA HANY FANIDA

Abstract

Inovasi pada zaman semakin modern mengharuskan perubahan pada pelayanan publik oleh pemerintah. Perubahan tersebut mendorong pemerintah untuk menerapkan teknologi, informasi dan komunkasi (TIK) pada pelayanannya. Penggunaan TIK pada pemerintahan sering disebut dengan electronic government (e-gov). Salah satu penerapan e-gov oleh Polrestabes Kota Surabaya adalah inovasi aplikasi JOGO SUROBOYO 2407 yang bertujuan untuk melayani dan memenuhi kebutuhan rasa aman masyarakat agar lebih prima, efisien, dan memiliki respon lebih cepat melalui genggaman smartphone. Aplikasi ini merupakan aplikasi unggulan Polrestabes Kota Surabaya dalam memberikan pelayanan melalui e-gov. Penelitian ini menganalisa menggunakan indikator mewujudkan pelayanan yang lebih baik menggunakan e-gov menurut Rianto dan Lestari (2012) : hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), human resources (SDM), data dan informasi, struktur organisasi, komunikasi, serta sikap pelaksana. Lokasi pada penelitian ini dilakukan pada Polrestabes Kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaannya, hardware yang disediakan sudah memadai untuk proses penerapan aplikasi. Indikator kedua adalah software dimana mudah untuk diakses oleh pengguna. Indikator ketiga yakni SDM, dimana SDM yang disediakan merupakan orang-orang terpilih dan memenuhi kriteria dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Indikator keempat adalah data dan informasi, dimana dalam penerapannya menunjukkan cukup diperhatikannya oleh pelaksana. Indikator selanjutnya yaitu struktur organisasi dimana petugas yang telah tersusun dinilai mampu bekerja dengan baik sesuai dengan tupoksinya. Indikator keenam adalah komunikasi, dimana Polrestabes Kota Surabaya dinilai telah berhasil melakukan komunikasi ke berbagai pihak terkait promosi aplikasi maupun menangani laporan/aduan. Indikator terakhir adalah sikap pelaksana, dimana menunjukkan implementasi aplikasi ini mendapatkan respon yang baik oleh petugas pelaksana maupun oleh masyarakat pengguna.
Kata Kunci: Electronic Government, Implementasi, Pelayanan Publik, Jogo Suroboyo 2407


Published
2020-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 166
PDF Downloads: 568