KEPEMIMPINAN KEPALA DESA  SUGIHWARAS KECAMATAN CANDI  KABUPATEN SIDOARJO

  • AYU MITA HARDIYANA PUTRI

Abstract

Salah satu fungsi organisasi dalam pemerintahan adalah menyelenggarakan pelayanan umum sebagai wujud dari tugas umum pemerintahan, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Proses mencapai tujuan organisasi dalam pemerintahan, memerlukan seorang pemimpin yang mampu mempengaruhi dan mengkoordinir bawahan. Kepala desa memiliki peran yang potensial untuk mengatur otonomi pada tingkat yang paling rendah. Oleh karena itu Kepala Desa memiliki tugas, fungsi yang paling dekat dengan pembangunan di desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kepemimpinan Kepala Desa Sugihwaras Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah Kepemimpinan Kepala Desa di Desa Sugihwaras Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Subjek penelitian yaitu lurah, pegawai atau staf kelurahan dan masyarakat Sugihwaras. Analisis data penelitian depth interview (wawancara mendalam), pengamatan, pencarian data melalui online dan dokumen yang telah terkumpul.

Sesuai dengan data yang diperoleh, maka hasil dari penelitian ini adalah  kepemimpinan kepala desa berdasarkan bimbingan dan arahan yang diberikan pimpinan cukup baik, kepemimpinan kepala desa berdasarkan tingkat kesiapan yang diperlihatkan bawahan dalam melaksanakan tugas, fungsi atau tujuan tertentu dapat dilihat cukup baik, gaya kepemimpinan kepala desa berdasarkan tingkat dukungan sosioemosional yang disajikan pemimpin cukup baik,  kepemimpinan yang dilakukan oleh ibu kepala desa Sugihwaras baik.         

 

Kata kunci : kepemimpinan, kepala desa

Published
2013-08-02
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 225