INOVASI PELAYANAN ELEKTRONIK SISTEM KESEHATAN LAMONGAN (E-SIKLA) DALAM MENINGKATKAN LAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KEDUNGPRING KABUPATEN LAMONGAN

  • Merry Putri Sodani
  • Eva Hany Fanida

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu fasilitas pelayanan publik di sektor kesehatan. Permasalahan pada pelayanan publik sendiri telah lama disoroti oleh Ombudsman Republik Indonesia. Setiap daerah berlomba menciptakan inovasi untuk memaksimalkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan. Salah satu konsep yang digunakan untuk menciptakan inovasi tersebut adalah e-government yang mengusung konsep digital seperti E-sikla. Aplikasi e-SIKLA merupakan bentuk pengembangan dan kombinasi dari aplikasi terdahulu, yaitu Simpustronik dan SIKDA generik yang outputnya memfasilitasi pendataan pasien berdasarkan karekteristik yang diharapkan pengguna; bisa menjadi daya dukung bagi petugas dan pengarsipan. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan adalah strategi inovasi digital menurut Nylen dan Holmstrom (2015), meliputi produk, lingkungan, dan organisasi. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada populasi penelitian yaitu pegawai Puskesmas Kedungpring, Kabupaten Lamongan. Melalui metode analisis kualitatif, diperoleh hasil bahwa inovasi pelayanan kesehatan melalui konsep digital yang diwujudkan pada keberadaan e-SIKLA, berlangsung dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya e-SIKLA ini, pelayanan yang akan diberikan kepada pasien atau masyarakat menjadi lebih cepat, mudah, efektif dan efisien. Aplikasi didukung oleh petugas Puskesmas yang sudah diberi pelatihan dan koordinasi Puskesmas dengan pihak-pihak lain seperti operator jaringan, BPJS, dan kantor pengelola data elektronik. Saran
penelitian adalah kesadaran pegawai terkait penginputan data kesehatan pasien, ketegasan kepala puskesmas terhadap pegawainya agar tepat waktu dalam menginput data kesehatan pasien, dan koordinasi dengan BPJS kesehatan untuk menangani gangguan P-Care, serta menggali ide-ide perkembangan e-SIKLA sebagai bentuk perbaikan untuk ke depannya.


Kata kunci: inovasi pelayanan elektronik, pelayanan kesehatan puskesmas


Puskesmas is one of the public service facilities in the health sector. Problems with the public service itself have long been highlighted by ORI. Every region competes to create innovation to maximize service quality in accordance with service standards. One of the concepts used to create such innovations is e-government which carries digital concepts such as E-Sikla. The e-SIKLA is a development and combination of previous applications, namely the Simpustronik and SIKDA generic in which the outputs facilitate patient data collection based on the characteristics that the user needs; and can encourage officers’ capacity and archive. This research is a descriptive type, with a qualitative approach. The theory used is a digital innovation strategy according to Nylen and Holmstrom (2015), covering products, environments, and organizations. Data were collected through interviews, observation, and documentation techniques to the Kedungpring Health Center staff, Lamongan district as this research population. Through the qualitative analysis method, the results are obtained that the innovation of health services through digital concepts embodied in the existence of e-SIKLA has been going well. The results show that the application of e-SIKLA makes the services provided is faster, easier, effective, and efficient. The e-SIKLA application is supported by Puskesmas staff who have been trained and coordinated with other parties such as network operators, BPJS, and electronic data management offices. This study suggests the employee's awareness related to inputting patient health data, the assertiveness of puskesmas heads to their employees in order to be timely in inputting patient health data,
coordination between Puskesmas, the IT Team and BPJS (if necessary) to deal with disruptions P-Care, and discuss the development of the application of e-SIKLA for improvement in the future.

Keywords: electronic service innovation, health center health services

Published
2020-08-05
Section
Articles
Abstract Views: 749
PDF Downloads: 1424