STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PEMBAYARAN SURAT IZIN MENGEMUDI MELALUI PROGRAM CASHLESS PAYMENT SYSTEM (CPS) DI KANTOR SATLANTAS POLRES GRESIK

  • Achmad Yoga Prasetiya
  • Fitrotun Niswah

Abstract

Pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik sepatutnya bertanggung jawab untuk terus
berusaha melayani secara maksimal untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.Dilihat dari
kondisi tersebut Polres Gresik telah melalukan perbaikan pelayanan dengan menciptakan
inovasi yang dilakukan seperti menciptakan program yang bernama Cashless Payment Sytem
(CPS). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan mendeskripsikan mengenai
strategi peningkatan pelayanan pembayaran SIM melalui Program Cashless payment System
(CPS) di kantor Satlantas Polres Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian menggunakan teori 4 strategi
peningkatan kualitas pelayanan dari Kevin P. Kearns (dalam Islamy, 2002) yang terdiri dari
Growth Strategies (Strategi Pertumbuhan), Retrenchment Strategies (Strategi Meningkatkan
Efisiensi), Stability Strategies (Strategi Stabilisasi), dan Collaborative Strategies (Strategi
Kolaborasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 4 indikator dari proses peningkatan kualitas
pelayanan yang dikemukakan oleh Kevin P. Kearns (dalam Islamy, 2002) telah dijalankan oleh
Satlantas Polres Gresik malalui Program CPS.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Strategi, CPS (Cahsless Payment System)


Abstract
The government as the provider of public services should be responsible for continuing to get
maximum assistance to get the quality of public services. Judging from the condition, the Gresik
Police Station has done service improvements such as making a program called Cashless
Payment System (CPS). This study aims to provide information and describe strategies to
improve SIM payment services through the Cashless Payment System (CPS) Program at the
Gresik Police Traffic Unit office. This type of research is a descriptive study using qualitative.
Kevin P. Kearns (in Islamy, 2002) which consists of Growth Strategy, Improvement Strategy,
Stability Strategy (Stabilization Strategy), and Collaboration Strategy (Strategy) Collaboration).
The results showed that 4 indicators of the process of improving the quality of services proposed
by Kevin P. Kearns (in Islamy, 2002) were carried out by the Satlantas Polres Gresik through
the CPS Program.
Keywords : Public Service, Strategy, CPS (Cahsless Payment System)

Published
2020-07-08
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 494