MANAJEMEN STRATEGI SENTRA KREATIF DAN TEKNOLOGI MELALUI INOVASI CAK EMUS DALAM KORIDOR COWORKING SPACE PEMERINTAH KOTA SURABAYA

  • Alda Cyrilla Putri Larasati
  • Meirinawati Meirinawati

Abstract

Revolusi industri 4.0 melahirkan banyak harapan baru pada sektor inovasi, salah satunya yakni sektor industri kreatif yang
menghasilkan banyak pelaku usaha yang didominasi oleh pemuda dalam bentuk startup. Startup sebagai inovasi industri
kreatif memiliki kecenderungan untuk mencari tempat bekerja bersama tim dengan menekan biaya. Sehingga ini menjadi
sebuah tantangan yang dihadapi adalah memenuhi kebutuhan disertai suasana kondusif dan fasilitas yang memadai.
Melihat tantangan ini, Pemerintah Kota Surabaya menghadirkan CAK eMUS (CAngKrukan entrepreneur MUda Surabaya)
dalam KORIDOR Coworking Space. Tujuan Penelitian adalah untuk mendeskripsikan manajemen strategi sentra kreatif
dan teknologi melalui inovasi CAK eMUS dalam KORIDOR Coworking Space Pemerintah Kota Surabaya. Jenis
penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif-kualitatif dengan fokus penelitian berdasarkan Teori Proses
Manajemen Strategi oleh Hitt (2001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CAK eMUS dalam KORIDOR Coworking
Space sebagai sentra kreatif dan teknologi di Kota Surabaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya, yaitu Analisa
Lingkungan, Pemerintah Kota Surabaya menemukan peluang dari kebutuhan serta kemajuan yang terjadi, beserta ancaman,
kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh CAK eMUS; Misi dan Tujuan Perusahaan, berdirinya serta tujuan dari CAK
eMUS sendiri sesuai dengan misi dan tujuan dari Pemerintah Kota Surabaya; Perumusan Strategi, dengan banyaknya
startup yang berkembang maka penting adanya bagi pengelola untuk mengukur startup tersebut sesuai dengan ketentuan;
Implementasi Strategi, kegiatan yang diadakan oleh startup dibawah CAK eMUS yang sesuai dengan ketentuan dalam
keanggotaan; Evaluasi dan monitoring dilakukan Pemerintah Kota Surabaya selaku penyedia ruang kerja. Salah satu saran
yang dapat diajukan adalah memberbanyak sosialisasi secara digital dan berkolaborasi bersama pihak startup.
Kata Kunci: manajemen strategi, industri kreatif, coworking space, cak emus.

 

The 4.0 industrial revolution gave birth to many new hopes in the innovation sector, one of which was the creative industry
sector which produced many businesses dominated by youth in the form of startups. Startups as creative industry
innovations have a tendency to find places to work with teams at reduced costs. So that this is a challenge faced by meeting
these needs accompanied by a conducive atmosphere and adequate facilities. Seeing this challenge, the Surabaya City
Government presented CAK eMUS (CangKrukan entrepreneur MUda Surabaya) in the KORIDOR Coworking Space. The
purpose of this research is to describe the management of creative and technological center strategies through CAK eMUS

innovations in the Surabaya City Government's KORIDOR Coworking Space. The type of research used is descriptive-
qualitative research with a focus of research based on the Theory of Process Management Strategy by Hitt (2001). The

results showed that CAK eMUS in the KORIDOR Coworking Space as a creative and technological center in the City of
Surabaya conducted by the City Government of Surabaya, namely Environmental Analysis, the City Government of
Surabaya found opportunities seen from the needs and progress that occurred, along with threats, strengths and
weaknesses owned by CAK eMUS; The Company's mission and objectives, the establishment and objectives of the CAK
eMUS itself are in accordance with the mission and objectives of the Surabaya City Government; Strategy Formulation,
with any startup that develops, it is important for managers to measure the startup in accordance with the provisions;
Implementation of Strategies, activities carried out by startups under CAK eMUS in accordance with the provisions in
membership; Evaluation and monitoring is carried out by the Surabaya City Government as a provider of work space. One
of the suggests that can be submitted is to digitally disseminate information and collaborate with startups.
Keywords: strategy management, creative industry, coworking space, cak emus.

Published
2020-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 301