EVALUASI PROGRAM ANGKUTAN CERDAS SEKOLAH (ACS) BERBASIS APLIKASI DI KABUPATEN PONOROGO

  • Mario Kushadianto
  • Weni Rosdiana

Abstract

Program “Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) Berbasis Aplikasi adalah Program yang diciptakan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo sebagai upaya untuk mempermudah para pelajar dalam mengakses angkutan sekolah secara gratis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Evaluasi Program Angkuatan Cerdas Sekolah (ACS) Berbasis Aplikasi Di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif.Tahap analisa data kualitatif dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Program ACS berbasis aplikasi di Kabupaten Ponorogo masih belum memenuhi kriteria efektivitas yang ditunjukkan. Pada segi efisiensi sudah baik program angkutan cerdas sekolah berbasis aplikasi. Dalam hal kecukupan masih belum tercukupi karena terbatasnya armada serta belum ada Standar Oprasional Prosedur (SOP) tentang layanan angkutan cerdas sekolah. Dalam hal perataan masih belum merata, karena masih banyak sekolah yang belum memperoleh akses layanan program ACS. Pada responsivitas program angkutan sekolah mendapat respon yang positif dari pengguna angkutan ACS serta juga mendapatkan respon yang baik dari tingkat provinsi jawa timur yaitu mendapatkan penghargaan sebagai Top 25 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) pada 2018. Dari ketepan program ACS ini sudah tepat sasaran karena memang di peruntukan untuk mereka para pelajar yang khususnya belum memiliki surat izin mengemudi (SIM). Diharapkan Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo segera melakukan usaha dalam penambahan armada ACS, menambahkan fungsi ACS sehingga tidak hanya sebagai program angkutan antar jemput sekolah saja tetapi juga sebagai bagian dari fasilitas untuk pendidikan, program ACS di harap menjalin kerjasama dengan pihak terkait supaya didalam programnya mendapat prioritas utama, perlunya dibuatkan Standar Oprasional Prosedur (SOP).

Kata kunci : Pelayanan Publik, Evaluasi Program, Angkutan Cerdas Sekolah (ACS)

 

Application-based school Intelligent Transport (ACS) program is a Program created by the District Transportation Agency Ponorogo as an effort to facilitate students in accessing school transportation for free. The purpose of this research is to describe the evaluation of the school intelligent Angkuatan Program (ACS) based on the application in Ponorogo district. This research is a qualitative descriptive research. The stage of qualitative data analysis is conducted through data collection, data reduction, data presentation, and withdrawal of conclusions. The research showed that the ACS Program based on the application in Ponorogo District still does not meet the effectiveness criteria indicated. In terms of efficiency is already a good intelligent school based transport program application. In terms of adequacy is still not fulfilled due to the limited fleet and there is no standard oprational procedures (SOP) about the school Smart transport Service. In terms of alignment is still not even evenly, because there are still many schools that do not have access to the ACS program services. At the responsiveness of the school transport program received a positive response from the ACS transport users as well as getting a good response from the East Java provincial level was awarded as the Top 25 Public Service Innovation Competition (Kovablik) in 2018. From the time of the ACS program has been targeted because of the allocation for those students who do not have a driver license. It is hoped that Ponorogo District Transportation Agency immediately made efforts in the addition of the ACS fleet, adding the ACS function so that not only as a school shuttle transportation program but also as part of the facility for Education, the ACS program in the hope of establishing cooperation with the related parties so that in the program got the first priority, the need for the oprational procedures (SOP).

Keywords: Public Services, Program evaluation, School Intelligent Transport (ACS)

Published
2020-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 324
PDF Downloads: 359