STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PUNCAK TAPAN ANDONGSARI OLEH BUMDES NGANDONG JAYA MAKMUR DI DESA NGANDONG KECAMATAN GRABAGAN KABUPATEN TUBAN

  • Muhammad Bagas Purnama
  • Meirinawati Meirinawati

Abstract

Wisata Puncak Tapan Andongsari merupakan objek wisata yang mempunyai konsep wisata alam yang dikelola langsung oleh BUMDes Ngandong Jaya Makmur. Banyak wahana wisata yang menarik, diantaranya adalah pemandangan alam yang indah, tempat foto yang bagus, tempat permainan anak-anak, taman bunga warnawarni, spot sunrise dan sunset, warung yang dilengkapi fasilitas wifi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pengembangan Wisata Puncak Tapan Andongsari yang dilaksanakan oleh BUMDes Ngandong Jaya Makmur. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengembangan wisata dari Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata, dalam Rencana strategis pengembangan destinasi dan industri pariwisata 2015-2019 yang memiliki 3 (tiga) indikator yaitu Atraksi, Aksebilitas, dan Amenitas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan wisata menurut teori pengembangan wisata oleh Deputi Bidang Pengembangan Wisata dan Industri Pariwisata KEMENPAR Tahun 2015-2019 telah dijalankan dengan baik oleh BUMDes Ngandong Jaya Makmur sebagai penggerak dari Objek Wisata Tapan Andong Sari, Namun ada beberapa kendala dalam proses pengembangan wisata Tanpan Andong Sari diantaranya Sumber Daya Manusia yang masih kurang memadahi, sumber dana serta akses jalan menuju ke lokasi objek Wisata Tapan Andongsari dari pusat Kabupaten Tuban yang masih kurang memadahi.

Kata Kunci : Manajemen Strategi, Pengembangan Wisata, Objek Wisata

 

Puncak Tapan Andongsari Tourism is a tourist attraction that has the concept of natural tourism which is managed directly by BUMDes Ngandong Jaya Makmur. Many interesting tourist rides, including beautiful natural landscapes, good photo spots, children's playgrounds, colorful flower gardens, sunrise and sunset spots, food stalls equipped with wifi. The purpose of this study is to describe the development strategy of Puncak Tapan Andongsari Tourism carried out by BUMDes Ngandong Jaya Makmur. This type of research is descriptive with a qualitative approach. The theory used in this study is the theory of tourism development from the Deputy for the Development of Destinations and the Tourism Industry Ministry of Tourism, in the strategic plan for the development of tourism destinations and the 2015-2019 industry that has 3 (three) indicators, namely Attractions, Accessibility, and Amity. Data collection techniques are done through interviews, observation, documentation, and literature study. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the tourism development strategy according to the theory of tourism development by the Deputy for Tourism Development and the Tourism Industry KEMENPAR in 2015-2019 has been carried out well by BUMDes the Ngandong Jaya Makmur as a driver of Puncak Tapan Andongsari Tourism, however there are several obstacles in the process Puncak Tapan Andongsari Tourism development including Human Resources which are still lacking.

Keywords : Strategic Management, Tourism Development, Tourism Object

Published
2020-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 319
PDF Downloads: 384