PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA MELALUI PROGRAM LAMONGAN GREEN AND CLEAN DI DESA SURABAYAN KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN

  • Viranti Aulia Rahma
  • Fitrotun Niswah

Abstract

Partisipasi masyarakat diperlukan dalam menentukan kebijakan dan keputusan dan sering diperbincangkan diberbagai wilayah, baik didaerah kota maupun pedesaan karena dapat kita lihat begitu besar pengaruh dari partisipasi tersebut, partisipasi masyarakat ini sangat menentukan suatu program yang ada disekitar mereka, keberhasilan suatu program tanpa adanya partisipasi masyarakat tidak akan berjalan dengan baik, keikutsertaan masyarakat akan sangat dibutuhkan dalam perencanaan, agar program berjalan dengan semestinya. Peran masyarakat dalam pembangunan sekarang ini bukan hanya sebagai objek saja, tetapi juga sebagai subjek dari pembangunan tersebut. Prinsip pembangunan yang berpusat pada rakyat menegaskan masyarakat harus menjadi pelaku utama dalam pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan pembangunan di Desa Surabayan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan desa di Desa Surabayan, terdapat beberapa tahapan pembangunan, yaitu: Proses pembuatan Keputusan, Pelaksanaan, Proses Pengambilan manfaat serta Evaluasi. Partisipasi masyarakat Desa Surabayan dalam pembangunan desa dapat berjalan dengan lancar dan baik, terlaksananya pembangunan tersebut selain ikut terlibat masyarakat memberikan bantuan berupa tenaga, dan pemikiran. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat ikut andil dan aktif dalam rangkaian kegiatan pembangunan desa. Oleh karena itu, partisipasi masyarakat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari program pembangunan maupun pengembangan masyarakat pedesaan.

Kata kunci: Partisipasi masyarakat, Pembangunan Desa, Lamongan Green and Clean

 

Community participation is needed in determining policies, decisions and is often discussed in various regions, both in the city and rural areas because we can see the influence of such participation, community participation is determining a program that is around them, the success of a program without the participation of the community is not will run well, community participation will be needed in the planning or program, so that the program runs properly. The role of society in development now is not only as an object, also as a subject of development. Principle of people-centered development emphasizes that the community must be the main actor in development. This study aims to find how community participation in the planning, implementation, and maintenance process of development. Method used is descriptive qualitative. Meanwhile, data collection techniques used in this study are interviews and documentation. The results of this study indicate that community participation in the process development in Surabayan Village, there are several stages of development, namely: Decision Making, Implementation, Utilization of Development Results, and Evaluation. Society participation in the village development can run smoothly and well, the implementation of the development in addition to involving the community to provide assistance in the form of energy, and thought. This shows that the community participates and is active in a series of village development activities. Therefore, community participation is one of the factors that influence the success of development programs and rural community development.

Keywords: Society Participation, Village Development, Lamongan Green and Clean

Published
2020-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 255
PDF Downloads: 225