Inovasi Layanan e-SIM (Elektronik Surat Izin Mengemudi) Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan di Kepolisian Resort Kota Sidoarjo

  • Vivi Fidianingsih
  • Eva Hany Fanida

Abstract

Polresta Sidoarjo selaku badan keamanan negara yang memiliki wewenang untuk menjaga keamanan negara serta memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Polresta Sidoarjo menciptakan suatu inovasi e-SIM yang berguna untuk memudahkan masyarakat dalam proses pembuatan dan perpanjangan SIM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menjelaskan serta menggambarkan bagaimana inovasi layanan e-SIM di Polresta Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitin ini yaitu deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini fokus penelitian pada teori adopsi inovasi pemerintah oleh Taehyon Choi dan Susan Mayers Chandler yaitu: latar belakang terjadinya inovasi e-government, pendahulu inovasi e-government yang terdiri dari struktur pendahulu dan perilaku pendahulu, serta faktor impelementasi e-government. Latar belakang terjadinya inovasi e-SIM Polresta Sidoarjo yaitu adanya perkembangan teknologi yang pesat serta masalah pelayanan SIM seperti terjadi antri panjang selama pembuatan SIM manual sehingga Polresta Sidoarjo menciptakan inovasi aplikasi e-SIM untuk memudahkan layanan SIM. Struktur pendahulu merupakan hasil inovasi yang diciptakan yaitu berupa aplikasi berbasis android yang dapat digunakan untuk mengajukan permohonan layanan SIM, aplikasi ini yaitu e-SIM yang dapat digunakan setelah para pengguna mengunduh aplikasi tersebut di smartphone. Perilaku terdahulu merupakan upaya tindakan yang dilakukan untuk keberhasilan inovasi dari pihak sumber daya manusia, dalam inovasi e-SIM ini dilakukan pelatihan terlebih dahulu kepada para pegawai dan simulasi untuk meluncurkan aplikasi e-SIM. Faktor implementasi dari aplikasi e-SIM yaitu sering terjadinya antrian panjang serta adanya percaloan dalam pembuatan SIM di Polresta Sidoarjo. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Pelayanan e-SIM dan Adopsi inovasi.

Abstract

Polresta Sidoarjo as the state security agency which has the authority to maintain state security and provide services to the community. The Sidoarjo Police Department created an e-SIM innovation that is useful to facilitate the community in the process of making and extending SIM. This study aims to determine, describe and explain and describe how the e-SIM service innovation in the Sidoarjo Police. The method used in this research is descriptive qualitative. In this study, the focus of research on the theory of government innovation adoption by Taehyon Choi and Susan Mayers Chandler is: the background of the occurrence of e-government innovation, the predecessors of e-government innovation which consists of predecessor structures and predecessor behaviors, as well as e-government implementation factors. The background for the innovation of e-SIM at the Sidoarjo Police is the rapid development of technology and SIM service problems such as long queues during manual SIM creation so that the Sidoarjo Police has created an e-SIM application innovation to facilitate SIM services. The predecessor structure is the result of an innovation created in the form of an android-based application that can be used to apply for SIM services, this application is an e-SIM which can be used after users download the application on a smartphone. The previous behavior is an action taken for the success of innovation on the part of human resources, in this e-SIM innovation, prior training is carried out for employees and a simulation to launch the e-SIM application. The implementation factor of the e-SIM application is the frequent occurrence of long queues and brokering in making SIM at the Sidoarjo Police. Keywords: Service Innovation, e-SIM Service and Innovation Adoption.

Published
2020-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 484
PDF Downloads: 1123