IMPLEMENTASI PROGRAM DESA BERWAWASAN PENDIDIKAN DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN SIDAYU KABUPATEN GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v8n5.p%25pAbstract
Program desa berwawasan pendidikan adalah program untuk meningkatkan sumber daya aparatur desa yang
agamis, sehat, cerdas, terampil, mandiri dan professional; meningkatnya peran serta dan partisipasi masyarakat
terhadap kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan
sumber daya alami demi meningkatnya taraf hidup dan kemakmuran masyarakat serta mengurangi kesenjangan
sosial, ekonomi budaya dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Program
Desa Berwawasan Pendidikan di Desa Sidomulyo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Metode penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti dengan menggunakan teori George C. Edward III
bahwa implementasi program desa berwawasan pendidikan ini sudah berjalan dengan baik, namun masih
ditemukan kendala dalam pelaksanaannya. Terkait dengan komunikasi yaitu pihak pelaksana program ini melalui
sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan program desa. Terkait dengan sumber daya dalam pelaksanaan
program secara kualitassudah memadai melihat penempatan pelaksanaan program sudah sesuai seperti pelaksana
program dan pengawas lapangan, kemudian terkait dengan disposisi sudah baik dari penujukkan pihak pelaksana
dan petugas pengawasan lapangan yang bertanggungjawab dengan dibentuknya kelompok kerja. Terkait dengan
struktur organisasi dengan dikeluarkannya SK Kepala Desa Sidomulyo nomor 470/027/473.112.06/II/2015.
Kesimpulan dari peneliti masih terdapat kendala pada sumberdaya terkait dengan fasilitas dan sumber daya
manusia yang kurang memadai. Saran dari peneliti yaitu diharapkannya fasilitas dan sumber daya manusia dalam
pelaksanaan program ini dipenuhi agar pelaksanaan program desa berwawasan pendidikan ini berjalan dengan
baik.
Kata Kunci: Implementasi, Program, Desa Berwawasan Pendidikan
The education-oriented village program is a program to increase the resources of village officials who are
religious, healthy, intelligent, skilled, independent, and professional; participation of the community in
development activities and community empowerment to increase economic growth and natural resources in order
to maintain the standard of living and prosperity of the community and reduce social, economic, cultural and
educational activities. This study aims to describe the implementation of the Village Education-Based Program
in Sidomulyo Village, Sidayu District, Gresik Regency. This research method uses a descriptive method with a
qualitative approach. The data technique used was observation, interview and documentation. The data analysis
technique was carried out by studying the data, data reduction, data presentation and reports. The results of the
research obtained by researchers using the theory of George C. Edward III show that the implementation of the
village program with an educational perspective has gone well, but is still being found in its implementation.
Related to communication, namely the implementer of this program through socialization to the community
related to the village program. With regard to resources in the implementation of the quality program, it is
sufficient to see that the placement of program implementation is appropriate, such as the program executor and
field supervisors, then related to the good disposition of the appointment of implementing parties and field
supervisory officers responsible for the formation of working groups Related to the organizational structure with
the issuance of the Village Head Decree number 470/027 / 473.112.06 / II / 2015. The conclusions of the
researchers are still trapped in problems related to inadequate human resources. Suggestions from researchers
are expected that the facilities and human resources in the implementation of this program are fulfilled so that
the implementation of this educational-oriented village program runs well.
Keywords: Implementation, Program, The Village Of Insightful Education.