EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI KELAS IV B UPT SD NEGERI 144 GRESIK KECAMATAN DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK

  • Twindi Asta Nurrohmi
  • Weni Rosdiana
Keywords: Evaluation, Implementation of 2013 Curriculum, UPT SD Negeri 144 Gresik

Abstract

Kebijakan kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh Pemerintah merupakan upaya dari penyederhanaan pembelajaran dan adanya penilaian sikap dalam struktur kurikulumnya yang bertujuan agar peserta didik memiliki kompetensi sikap, ketrampilan dan pengetahuan yang lebih baik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kelas IVB UPT SD Negeri 144 Gresik Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa pelaksanaan K-13 sudah berjalan dengan baik tetapi masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya yaitu melihat dari efektivitas dalam pelaksanaannya belum  sesuai karena materi ujian nasional masih berdasarkan KTSP; terkait dengan efesiensi jumlah guru masih kurang; terkait dengan kecukupan dalam materi K-13 belum mendukung kompetensi belajar peserta didik untuk materi ujian nasional, terkait dengan perataan masih belum merata karena kelas satu sampai kelas enam tidak semua melaksanakan K-13, terkait dengan responsivitas yaitu adanya respon dari peserta didik maupun wali murid dalam pembelajaran yang mudah diterima dan terkait dengan ketepatan dalam pelaksanaannya sudah tepat sasaran kepada peserta didik. Simpulan dari peneliti masih ada kendala yaitu jumlah SDM yang kurang memadai, semua guru belum mendapatkan pelatihan, dan tidak sinkronnya materi UN (Ujian Nasional) dengan kurikulum yang berlaku. Disarankan sebaiknya dilakukan penambahan Sumber Daya Manusia atau guru (tenaga pendidik) dan ruang kelas, Sinkronisasi materi UN (Ujian Nasional) dengan kurikulum yang berlaku serta pelatihan guru yang dilaksanakan oleh semua guru.

 

Kata Kunci : Evaluasi, Pelaksanaan Kurikulum 2013, UPT SD Negeri 144 Gresik

 

The 2013 curriculum policy issued by the Government is an effort to simplify learning and the existence of an attitude assessment in the curriculum structure that aims to make students have better competency attitudes, skills and knowledge in the learning process. The purpose of this study was to describe the 2013 Curriculum Implementation Evaluation in Class IVB UPT SD Negeri 144 Gresik, Driyorejo District, Gresik Regency. The research was conducted using a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques are carried out through observation, interviews and documentation. The data analysis technique used was data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The results showed that the implementation of K-13 has been going well but there are still obstacles in its implementation, namely seeing the effectiveness in its implementation is not appropriate because the material for the national exam is still based on KTSP; related to the efficiency of the number of teachers is still lacking; related to the adequacy of the K-13 material, it does not support the learning competence of students for the national exam material, related to evenness it is still not evenly distributed because not all grades one to six grades implement K-13, related to responsiveness, namely the response of students and guardians in learning that is easily accepted and associated with accuracy in its implementation is right on target for students. The conclusion from the researchers there are still obstacles, namely the number of human resources is inadequate, all teachers have not received training, and the material is not synchronized with the applicable curriculum. It is suggested that the addition of human resources or teachers (teaching staff) and classrooms, synchronization of National Examination (National Examination) material with the applicable curriculum and teacher training carried out by all teachers.

Keywords: Evaluation, Implementation of 2013 Curriculum, UPT SD Negeri 144 Gresik

References

Abdul Wahhab Solichin. 2015. Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Penyusunan Model- model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta : PT Bumi Aksara.

A.G, Subarsono. 2013. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Praktik. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Agustino, Leo. 2016. Dasar-dasar Kebijakan Publik.
Bandung: Alfabeta.

Budi Winarno. 2012. Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kaus. Yogyakarta : CAPS

Alwen Bentri, Abna Hidayati, & Ulfia Rahmi 2016. The Problem Analysis in Applying Instrument of Authentic Assessment in 2013 Curriculum. International Journal of Science and Research (IJSR). Volume 5 Issue 10. ISSN (Online): 2319-7064 (Page 1008-
1012). Padang: State University of Padang.

Febrison, Fakhmi Rizal, & Wakhinuddin 2018. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Dengan Menggunakan Logic Model Di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan Vol.1 No. 3. EISSN : 2621-1548 (page 75-82). Padang : Universitas Negeri Padang.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ina Magdalena, Intan Nurhidayati, Annisa Wijiastuti, & Syahda Nurul Rabani. 2020. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Di SDSI Harapan Ibu School Kota Tangerang. Jurnal Halaqah Vol.2 No. 1. ISSN (Online): 2685- 6379 (Page
18-24). Tangerang : Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Islamy, M. Irfan. 2010. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Bumi Aksara: Jakarta.

Loeloek Endah Poerwati & Sofan Amri. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Lukas Maria Boleng & Tandiyo Rahayu. 2016. Evaluation Of The 2013 Curriculum Implementation For Physical Education,Sport, And Health. The Journal of Educational Development. Vol.4 No.2. E- ISSN 2502-4469 (Page 99-105). Faculty of Sports Science Semarang State University, Indonesia.

Miles, B. Matthew, dan Huberman, A. Michael, Qualitative Data Analysis, terjemahan, UI Press, Jakarta, 2011.

Moch, Said Mardjuki. 2018. English Teachers’ Perception on the Use of Authentic Assessment in 2013 Curriculum. Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics. Vol. 2 No. 2. E-ISSN: 2527-8746 (Page 151-163). Indonesia University of Education, Indonesia.

Moleong, Lexy. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang perubahan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendikbud No. 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Ratih, I. A. M. 2017. The Analysis of Classroom Character Education in English Lessons Based on the 2013 Curriculum. Journal of Psychology and Instruction. Vol.1 No.2 . ISSN: 2549-4589 (Page 97-105). English
Education Department, Ganesha University of Education in Medan.

Rena Revita & Irma Fitri. 2019. Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Tahap Perencanaan Dalam
Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.3 No.1. E-ISSN : 2579-9258 (Page 197-208). Riau : UIN SUSKA Riau.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Santi Endah Lestari, Agus Suryono, & Tjahjanulin Domai. 2017. Implementasi Kebijakan Pengembangan Kawasan Strategis Cepat (KSCT) di Kabupaten Pacitan. Journal of Public Sector Innovations. Vol. 2 No. 1. P- ISSN: 2541-4291 (Page 10-16). Jurusan
Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya.

Siskandar. 2016. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. Cendekia Vol. 10 No. 2. E-ISSN: 2407-8557 (Page 117-132).
Jakarta : Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an.

Siti Aisyah, M. Fachri Adnan, & Adil Mubarak. 2017. Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Kabupaten Pasaman. Journal Of Public Sector Innovations. Vol. 2 No.1. P-ISSN: 2541-4291 (Page 1-9). Jurusan
Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya.

Sitti, Rahmah. 2019. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Al- Quran Hadits Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kolaka Kabupaten Kolaka. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah. Vol.2 No. 2. ISSN 2599- 1248 (Page 158-176). Kolaka : Institu Agama Islam AlMawaddah Warrahmah Kolaka.

Sugiyono . 2010. Metode Penelitian Kualitatif.
Alfabeta : Bandung.

Sumber: Buku Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2014”

William, N. Dunn (1999) dalam Nugroho (2014). Pengantar Analisis Kebijakan Publik: Edisi Kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Published
2020-12-27
Section
Articles
Abstract Views: 304
PDF Downloads: 323