IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI SEDATI GEDE 2 SEDATI KABUPATEN SIDOARJO

  • Ajeng Rahmawati Daniar Universitas Negeri Surabaya
  • Weni Rosdiana
Keywords: Implementation, School Literacy Movement, Literacy

Abstract

Ketrampilan literasi yang baik dapat membantu generasi muda dalam memahami informasi baik lisan maupun
tulisan. Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu kegiatan literasi dan bentuk kesadaran pemerintah akan
pentingnya membangun budaya literasi dalam dunia pendidikan. Melalui permendikbud nomor 23 Tahun 2015
mengenai Penumbuhan Budi Pekerti, bupati sidoarjo mengesahkan peraturan bupati nomor 104 tahun 2016
mengenai Pedoman Pelaksanaan Literasi di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Sedati Gede II Sedati
Kabupaten Sidoarjo.lPeran Kepala Sekolah, Guru, Pustakawan, dan Wali murid sangat berperan aktif terhadap
implementasi Gerakan Literasi Sekolah.lPenelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri Sedati Gede II Sedati Kabupaten Sidoarjo.lObyek
penelitian ini adalah implementasi Gerakan Literasi Sekolah.lData dikumpulkan melalui observasi, wawancara
mendalam, dan studi literatur. Artikel ini menunjukkan bahwa Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SDN
Sedati Gede II Sedati Sidoarjo dapat menaikkan tingkat minat baca siswa. Pada variabel Standart, sasaran dan
tujuan kebijakan sudah sesuai dengan standart, sasaran dan tujuan kebijakan. Pada variabel sumber daya telah
memenuhi segala sumber daya yang ada untuk pelaksanaan kebijakan. Pada indikator karakteristik pelaksana
sangat mendukung adanya Gerakan Literasi Sekolah. Pada variabel Komunikasi antar organisasi terkait dengan
kegiatan pelaksana sudah terjalin komunikasi yang baik. Pada variabel disposisi atau sikap pelaksana bertanggung
jawab atas apa yang ditugaskan. Pada variable lingkungan sosial, ekonomi dan politik dalam GLS ini memang
terjadi hambatan karena pihak orang tua ada yang mengeluh karena mereka harus bekerja dan tidak bisa
mengawasi anaknya terlalu sering.
Kata Kunci: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, Literasi

Good literacy skills can help the younger generation understand information both spoken and written. The School
Literacy Movement is one of the literacy activities and a form of government awareness of the importance of
building a literacy culture in the world of education. Through “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan”
number 23 of 2015 concerning Cultivation of Character, the regent of Sidoarjo ratified the regent's regulation
number 104 of 2016 concerning Guidelines for the Implementation of Literacy in Sidoarjo Regency. The purpose
of this study is to describe the implementation of the School Literacy Movement at Sedati Gede II Sedati
Elementary School, Sidoarjo Regency. The roles of school principals, teachers, librarians, and guardians of
students play an active role in the implementation of the School Literacy Movement. This study uses a descriptive
method with a qualitative approach. The research location is Sedati Gede II Sedati Elementary School, Sidoarjo
Regency. The object of this research is the implementation of the School Literacy Movement. Data were collected
through observation, in-depth interviews, and literature study. This article shows that the implementation of the
School Literacy Movement at SDN Sedati Gede II Sedati Sidoarjo can increase the level of students' reading
interest. In the Standard variable, policy goals and objectives are in accordance with the standards, objectives, and
policy objectives. The resource variable has fulfilled all available resources for policy implementation. The
indicators for the characteristics of the implementer strongly support the School Literacy Movement. In the
communication variable between organizations related to implementing activities, good communication has been
established. The disposition variable or the attitude of the implementer is responsible for what is assigned. In the
social, economic, and political environment variables in this GLS, there are indeed obstacles because the parents
complain that they have to work and cannot supervise their children. too often.
Keywords: Implementation, School Literacy Movement, Literacy

References

Akbar, Aulia. 2017. Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. Jurnal. Sumedang: PGSD
Ashari S. Sihaloho, Fahmi dkk. 2018. The Implementation of School Literacy Movement at the Senior High School. Jurnal Internasional. Surakarta: Journal of Educational Research Review
Bayu, Respati Choiri. 2018. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri 1 Sawahan. Jurnal. Surakarta: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Faizah, Dewi Utami dkk. 2016. Panduangerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.
Hidayah, Layli. 2017. Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. Jurnal. Malang: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 104 Tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Literasi di Kabupaten Sidoarjo
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuh Budi Pekerti.
Safitri, et al. 2019. Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri Depok. JPSI (Journal of Public Sector Innovations, 4(1), 8-19
Septiary, Denggan et.al. 2020. Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sukonandi. Jurnal. Yogyakarta: Epistema
Siti, et.al. 2017. Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis di Kabupaten Pasaman. JPSI (Journal of Public Sector Innovations, 2(1), 1-9
Suragangga I Made. 2017. Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal. Denpasar: Jurnal Penjaminan Mutu
Suyono, et.al. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal. Malang: Jurnal Pendidikan.
Tasrin, Krismiyati, et.al. 2018. Implementasi Kebijakan Program Inovasi Wisata Buku Sahabat Anak di Kabupaten Ciamis. Sumedang: Jurnal Wacana Kinerja.
Wijaya, Antasari Indah. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Jurnal. Purwokerto: Jurnal Pendidikan
Published
2021-01-12
Section
Articles
Abstract Views: 222
PDF Downloads: 623