INOVASI PELAYANAN PUBLIK PARK AND RIDE TERMINAL INTERMODA JOYOBOYO OLEH DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURABAYA

  • Dyah Eka Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda
Keywords: Public Service, Service Innovation, Park and Ride

Abstract

Pelayanan publik merupakan elemen yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Inovasi yang dibuat oleh Pemkot Surabaya bersama Dishub Kota Surabaya berkaitan dengan sistem parkir online yang disebut Park and Ride TIJ. Inovasi pelayanan ini diciptakan untuk mengatasi permasalahan peningkatan kepemilikan kendaraan di Kota Surabaya yang membuat kebutuhan parkir meningkat, tetapi tidak diikuti dengan penambahan lahan parkir. Parkir di badan jalan mengakibatkan pergerakan lalu lintas terhambat sehingga terjadi kemacetan terutama di pusat keramaian tengah kota seperti Jalan Wonokromo, Jalan Darmo, dan Jalan Setail. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan Inovasi Pelayanan Publik Park and Ride TIJ Oleh Dishub Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian dengan teori milik Yogi Suwarno (2008:19) yaitu aspek-aspek penting yang menunjukkan suatu organisasi telah melakukan inovasi meliputi Pengetahuan Baru, Cara Baru, Objek Baru, Teknologi Baru, dan Penemuan Baru. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan ditarik kesimpulan berdasarkan data yang menjawab rumusan masalah. Hasil dari penelitian ini adalah semua fasilitas yang ada di Park and Ride TIJ sudah sangat bagus dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Hanya saja kurangnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah. Setelah didirikan Park and ride pun masih ditemukan masalah yakni banyak masyarakat masih melakukan parkir liar terutama pengunjung Kebun Binatang Surabaya, serta sopir angkot yang “ngetem” di pinggir jalan sehingga menimbulkan kemacetan. Kemudian terkait dengan penerapan e-payment, karena banyak masyarakat masih menggunakan uang tunai untuk pembayaran parkir di Park nad Ride TIJ.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan, Park and Ride

 

Public service is a very important element in government administration. The innovation made by the Surabaya City Government and the Surabaya City Transportation Agency is related to an online parking system called the TIJ Park and Ride. This service innovation was created to solve the problem of increasing vehicle ownership in the city of Surabaya which makes parking needs increase, but not followed by additional parking lots. Parking on the road causes traffic movement to be hampered, resulting in congestion, especially in the downtown area such as Jalan Wonokromo, Jalan Darmo, and Jalan Setail. The purpose of this study was to describe the TIJ Park and Ride Public Service Innovation by the Surabaya City Transportation Agency. This type of research is descriptive with a qualitative approach. The focus of research with Yogi Suwarno's (2008: 19) theory is important aspects that show an organization has made innovations including New Knowledge, New Methods, New Objects, New Technologies, and New Inventions. Data collection techniques through interviews, observation and documentation. Data analysis techniques used data reduction, data presentation and conclusions drawn based on data that answered the problem formulation. The result of this research is that all existing facilities at the TIJ Park and Ride are very good and meet the needs of the community. It's just a lack of public awareness to use the facilities provided by the government. After the establishment of Park and Ride, problems were still found, namely that many people were still parking illegal, especially visitors to the Surabaya Zoo, as well as public transportation drivers who "stuck" on the side of the road, causing congestion. Then related to the application of e-payments, because many people still use cash for parking payments at TIJ Park nad Ride.

Keywords: Public Service, Service Innovation, Park and Ride

References

Antaranews.com. Penerbit AntaraJatim. 2019. “Pembangunan Park nad Ride Terminal Joyoboyo Surabaya Capai 93 Persen”. https://jatim.antaranews.com/berita/318836/pemba ngunan-park-and-ride-terminal-joyoboyo- surabaya-capai-93-persen
Asmara, A. Y. & Amy Yayuk S.R. (2015) „Dalam Perspektif Matrik Inovasi Sektor Publik. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2001, pp. 57–67.
Badrudin, R., Maria, Y. and Hale, J. (2019)
„Organizational Innovation Implementations to Achieve Development Goals : Evidence from Indonesia‟, pp. 986–992.
De Vries, H., Bekkers, V. and Tummers, L. (2016)
„Innovation in the public sector: A systematic review and future research agenda‟, Public Administration, 94(1), pp. 146–166.
Fan, W. et al. (2014) „Bilevel Programming Model for Locating Park-and-Ride Facilities‟, Journal of Urban Planning and Development.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.hal 87.
Himawan. 2019. Inovasi Program Aplikasi Go-Parkir Oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya (Stuudi Di Park And Ride Mayjen Sungkono Surabaya).
Jaini, Jee. 2019. “Park and Ride Joyoboyo Selesai Akhir Tahun 2019.
https://surabayainside.com/park-and-ride- joyoboyo-selesai-akhir-tahun-2019/
KompasPedia. “Profil Daerah Kota Surabaya”. https://kompaspedia.kompas.id/baca/profil/daerah/ kota-surabaya
Mindarti, L. I. & Juniar, A. P. A. (2019) „Inovasi Layanan Kesehatan Berbasis E-Government (Studi pada Puskesmas Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang)‟, JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(1), p. 19.


Oktariyanda, T. A. (2018) Pelayanan Publik.
Surabaya: UNESA UNIVERSITY PRESS.
Ortega, J. et al. (2020) „An integrated model of park- and-ride facilities for sustainable urban mobility‟, Sustainability (Switzerland), 12(11).
Osborne, S. P. and Brown, L. (2011) „Innovation, public policy and public services delivery in the UK. The word that would be king?‟, Public Administration, 89(4).
Palupiningtyas, S. E. (2012) „Kriteria Fasilitas Park And Ride Sebagai Pendukung Angkutan Umum Masal Berbasis Jalan ( Transjakarta ) Criteria Of Park And Ride Facilities To Support Road-Based Mass Transit ( Transjakarta ).Jl . Medan Merdeka Timur 5 Jakarta.
Pemerintah Pusat. 2009. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Lembaran Negara RI Tahun 2009, Hal. 3.
Pemerintah Pusat. 2004. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah.
Pemerintah Pusat. 2014. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.
Presiden Pusat. 2012. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Rianse, Usman. 2009. Metoodelogi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Teori dan Aplikasi). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Rozack, Abdul. 2019. “Jembatan Suroboyo pengurai kemacetan sekaligus tingkat ekonomi”. https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2018/07/2 3/89845/jembatan-joyoboyo-pengurai-kemacetan- sekaligus-tingkatkan-ekonomi
Silondae, Sutami. Jurnal “Keterkaitan Jalur Transportasi dan Interaksi Ekonomi Kabupaten Konawe Utara Dengan Kabupaten/Kota Sekitarnya”. (Jurnal Skripsi, Mahasiswa Univrsitas Halu Oleo Kendari).
Studio, Ali. 2020. “Pengertian, Ciri, Tujuan Inovasi Secara Umum Menurut Para Ahli”. https://pendidikan.co.id/pengertian-ciri-tujuan- inovasi-secara-umum-menurut-para-ahli/
Haqie, D. (2020) „Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis Di Kota Surabaya‟, JPSI (Journal of Public Sector Innovations), Vol 5, pp. 23–30.
SuaraSurabaya.net. Penerbit Liputan6.com. 2019. “Ada pelebaran jalan, 6 rumah dibongkar di Wonokromo”. https://surabaya.liputan6.com/read/4014027/ada- pelebaran-jalan-6-rumah-dibongkar-di- wonokromo-surabaya
Surya.co.id. 2017. “Awas, Macet Parah Di Sepanjang Jalan Wonokromo Arah Terminal Joyoboyo Surabaya”. https://surabaya.tribunnews.com/2017/03/06/awas- macet-parah-di-sepanjang-jalan-wonokromo-arah- terminal-joyoboyo-surabaya


Surya.co.id. 2020. “Alasan Calon Penumpang Pilih Tunggu Lyn Diluar Terminal”. https://surabaya.tribunnews.com/2020/03/02/alasa n-calon-penumpang-pilih-nunggu-lyn-di-luar- terminal
Suwarno, Yogi. 2008. “Inovasi di Sektor Publik”.
Jakarta: STIA-LAAN Press.
TribunJatim.com. 2018. “Parkir Kebun Binatang Surabaya Penuh Kantong Parkir Mulai Bertebaraan, Per Motor Bertarif Rp 10 Ribu”. https://jatim.tribunnews.com/2018/01/01/parkir- kebun-binatang-surabaya-penuh-kantong-parkir- mulai-bertebaran-per-motor-bertarif-rp-10-ribu
Tri Handoko, H. Dan Hany Fanida, E. (2019) „Inovasi Program Aplikasi Go-Parkir Oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya (Studi Di Park and Ride Mayjen Sungkono Surabaya)‟, Publika, 7(5), pp. 1–7.
Utama, Putu Audrina. 2015. “Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Penggunaan Kendaraan Bermotor”. https://www.kompasiana.com/audrina/54f91a35a3 3311f1068b466a/pengaruh-pertumbuhan- penduduk-terhadap-penggunaan-kendaraan- bermotor?page=all
Published
2021-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 744
PDF Downloads: 731