MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM SENTRA WISATA KULINER URIP SUMOHARJO OLEH DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KOTA SURABAYA

  • Ayu Wandan Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati
Keywords: Strategic Management, Culinary Tourism Center, Street Vendors.

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkopum) berupaya mengelola permasalahan PKL dengan membuat sentra PKL sebagai solusi atas permasalahan terganggunya keindahan kota, terhambatnya aktivitas pejalan kaki di trotoar, dan lalu lintas yang menjadi tidak lancar. Sejak pertama didirikannya hingga awal tahun 2020, program Sentra Wisata Kuliner (SWK) Urip Sumoharjo beberapa kali mendapati keadaan “mati suri”, yaitu menurunnya minat pembeli yang menyebabkan sepinya sentra. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan manajemen strategi program SWK Urip Sumoharjo oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data melalui observasi dengan mewawancarai pihak Dinas dan PKL disertai dengan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SWK Urip Sumoharjo sebagai sentra wisata kuliner di Kota Surabaya yang dilakukan oleh Dinkopum, yaitu Menetapkan Misi dan Tujuan, Dinkopum meningkatkan kemampuan usaha mikro dalam mengembangkan sumber daya produktif melalui SWK Urip Sumoharjo; Ancaman dan Peluang, berpeluang menjadi sentra maju dengan promosi serta menemukan ancaman berupa tempat makan modern dan kepekaan pelanggan terhadap produk; Kekuatan dan Kelemahan, pemberian pendampingan & pelatihan serta sarana prasarana sebagai kekuatan yang dimilki Dinkopum dan kelemahannya yakni kualitas kuantitas SDM dan lokasi sentra; Mempertimbangkan Alternatif Strategi, dengan rencana peningkatan SDM; Memilih Strategi, dengan peningkatan kualitas SDM; Implementasi Strategi, dengan pendampingan dan pelatihan PKL; Evaluasi Strategi, Dinkopum belum mampu mengubah pola pikir PKL. Salah satu saran yang dapat diajukan adalah meningkatkan sosialisasi dan promosi SWK kepada masyarakat Surabaya.

Kata kunci: Manajemen Strategi, Sentra Wisata Kuliner, PKL.

 

The Government of Surabaya with the Cooperative and Micro Business Office of Surabaya are trying to manage problems related to street vendors (PKL) by making 44 street vendors centra as a solution to problems with disruption of the beauty of the city, obstruction of pedestrian activity on sidewalks, and unstable traffic. Since it was first established until early 2020, the Culinary Tourism Center (SWK) program on Jalan Urip Sumoharjo has several times encountered a "suspended animation", which is a decline in buyer interest which has led to lonely centers. The purpose of this study is to describe the strategic management of the SWK Urip Sumoharjo program by the Surabaya City Department of Cooperatives and Micro Businesses. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. Techniques in collecting data through observation by interviewing the department and street vendors accompanied by documentation. Data analysis techniques by, data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The results showed that SWK Urip Sumoharjo as a center for culinary tourism in the city of Surabaya carried out by Dinkopum, namely Setting Mision and Goals, Dinkopum increasing the ability of micro-businesses in developing productive resources through SWK Urip Sumoharjo; Researching Threats and Opportunities, having the opportunity to become a center forward with promotions and discovering threats in the form of modern eating places and customer sensitivity to products; Researching Strengths and Weaknesses, providing assistance & training as well as infrastructure as the strengths of Dinkopum and weaknesses, namely the quality of the quantity of human resources and the location of the center; Considering alternative strategies, with plans to increase human resources; Choosing a strategy, by improving the quality of human resources; Strategy Implementation, with PKL assistance and training; Strategy Evaluation, Dinkopum has not been able to change the mindset of street vendors. One of the suggestions that can be put forward is to increase the socialization and promotion of SWK to the people of Surabaya.

Keywords: Strategic Management, Culinary Tourism Center, Street Vendors.

References

Dewi, N. A. (2019). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG KAKI LIMA DI JEMBATAN TABAYANG KOTA TANJUNG BALAI. 8(2), 2019.
https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.6617 8
Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya. (2018). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2018. https://dinkopum.surabaya.go.id/wp- content/uploads/2019/05/lkjlp_2018.pdf
Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya. (2019). Rancangan Perubahan Rencana Strategis (Renstra) Tahun Anggaran 2016-2021. https://dinkopum.surabaya.go.id/wp- content/uploads/2019/08/Perubahan-Renstra-2016- 2021-2019.pdf
Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya. (2020).
Profil Dinkopum.
https://dinkopum.surabaya.go.id/profile/
EastJava.com. (2020). Tentang Kota Surabaya. https://www.eastjava.com/tourism/surabaya/ina/abo ut.html
Forkuor, J. B., Akuoko, K. O., & Yeboah, E. H. (2017). Negotiation and management strategies of street vendors in developing countries: A narrative review. SAGE Open, 7(1).
Garattini, L., & Padula, A. (2019). Conflict of interest disclosure: striking a balance? European Journal of Health Economics, 20(5), 633–636.
Haq, A. A. (2015). Diseminasi. Wikiapbn. https://www.wikiapbn.org/diseminasi/
Hay, A. A. A., & Castilla, G. (2006). Object (SWOT). International Archives of Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, 36, 4.
Humas Pemkot Surabaya. (2019). Sentra Wisata Kuliner Surabaya Terapkan Single Cashier. KOMINFO JATIM.
http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/sentra- wisata-kuliner-surabaya-terapkan-single-cashier- #:~:text=Jatim Newsroom- Pemerintah Kota (Pemkot,para pedagang oleh chef andal.
Kuznetsova, E. V. (2017). The Mentality of the People : Theoretical and Methodological Aspect London Journals Press. 17(2).
Leskaj, E. (2017). The challenges faced by the strategic management of public organizations. Adm Public Manag Rev, 29, 151–161.
Machfudi, S. S., Wijaya, W., & Iswanto, H. (2019). Analysis of Development Strategy Management of the Indonesian Navy Hospital dr. R. Oetojo. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 8(3), 186–197.
Meirinawati, M., & Prabawati, I. (2017). Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dalam Mewujudkan Zero Accident. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 1(2), 73.
Meirinawati, & Niswah, F. (2015). Manajemen Strategi Sektor Publik. UNESA University Press. https://scholar.google.co.id/citations?user=xRXJUn kAAAAJ&hl=en
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. (2012). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima. https://ngada.org/bn607-2012.htm
Oktavian, R. N., & Nawangsari, E. R. (2019). Strategi Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Sentra PKL Taman Prestasi Kota Surabaya. 1(1), 57–66.

Panjaitan, T. W. S., Hermanto, Y. B., & Widyastuti, M. (2020). ANALYSIS MARKETING STRATEGIES AT CULINARY TOURISM. 8(1), 725–732.
Pemerintah Kota Surabaya. (2015). Pelayanan Pemakaian Stan Sentra Makanan dan Minuman. Surabaya Single Window. https://ssw.surabaya.go.id/index.php?hal=subijin& kd_ijin=230601
Prastiwi, S. (2016). Manajemen Strategi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Dalm Mengembangkan Potensi Objek Wisata Edukasi Little Teksas Wonocolo. Publika, 4(11).
Santoso, M. S. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima di Sentra Wisata Kuliner Deles Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya.
Sholikah, B., & Aminah, A. N. (2017). Dinas Koperasi Surabaya Fokus Hidupkan Sentra Kuliner. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/ 17/01/11/ojmctc384-dinas-koperasi-surabaya- fokus-hidupkan-sentra-kuliner
Susilo, E. (2020). Kalah oleh Online, Banyak Sentra Wisata Kuliner Surabaya “Mati Suri.” Jawapos.Com. https://www.jawapos.com/surabaya/21/02/2020/kal ah-oleh-online-banyak-sentra-wisata-kuliner- surabaya-mati-suri/
Wanto, A. H. (2017). Strategi Pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39–43.
Yunus, E. (2016). Manajemen Strategi. ANDI OFFSET, Yogyakarta. ISBN 978-979-29-6200-0.
Published
2021-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 734
PDF Downloads: 644