IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SEBAGAI UPAYA PEMERATAAN MUTU PENDIDIKAN ( Studi Pada Jenjang SMA Negeri di Kota Surabaya)

  • Arinda Savitri Universitas Negeri Surabaya
  • Tjitjik Rahaju
Keywords: Policy, Zoning, Education

Abstract

Sistem zonasi merupakan bagian dari upaya reformasi sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Upaya pemerintah dalam pemerataan pendidikan salah satunya adalah mengeluarkan kebijakan baru dalam penerimaan peserta didik baru melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor

44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi Kebijakan Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Sebagai Upaya Pemerataan Mutu Pendidikan Pada Jenjang SMA Negeri di Kota Surabaya. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Fokus penelitian menggunakan 6 variabel menurut Van Meter dan Van Horn dalam Subarsono (2013:99) yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumber data sekunder. Fokus penelitian menggunakan 6 variabel menurut Van Meter dan Van Horn dalam Subarsono (2013:99) yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap/ kecenderungan para pelaksana, komunikasi antar organisasi dan aktivitas, dan lingkungan ekonomi, sosial dan politik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan Implementasi Kebijakan Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Sebagai Upaya Pemerataan Mutu Pendidikan (Studi Jenjang SMA Negeri di Kota Surabaya) telah melaksanakan kebijakan dengan cukup baik apabila dilihat dari sikap komitmen pelaksana kebijakan. Meskipun kenyataannya kebijakan zonasi masih mengalami beberapa hambatan. Masih ditemukan hambatan dalam penerapannya variabel sumber daya dan lingkungan sosial, politik dan ekonomi. Dari penjelasan diatas, penulis memberikan saran agar pihak sekolah melakukan peningkatan sosisalisai dengan strategi  maupun  metode  yang  tepat. 

Kata Kunci: Kebijakan, Zonasi, Pendidikan

 

The zoning system is part of school reform in improving the quality of education in Indonesia. One of the government'sefforts in examining education is issuing new policies for the acceptance of new students through Minister of Educationand Culture Regulation No. 44 of 2019 concerning Acceptance of New Students in Kindergartens, Primary Schools, Junior High Schools, High Schools, Vocational High Schools The purpose of this study is to describe how the Implementation of New Student Admission Zoning Policy as an Effort to Check the Quality of Education at the State High School Level in Surabaya City. The author uses qualitative considerations with the literature study method. The focus of the study uses 6 variables according to Van Meter and Van Horn in Subarsono (2013: 99), namely the size and objectives of the policy, secondary data sources. The focus of the study uses 6 variables according to Van Meter and Van Horn in Subarsono (2013: 99), namely the size and objectives of the policy, resources, characteristics of implementing agents, propensity / tendencies of implementers, communication between organizations and activities, and economic environment, social and political .Technical data uses  technical data. The results of this study indicate that the Implementation of New Student Admission Zoning Policy as an Effort to Study Quality in Education (Study of Senior High Schools Level in Surabaya City) has held policies that are in line with the expected policies. Although it requires zoning policies, there are still some challenges. There are still obstacles to the implementation of the resource variable and the social, political and economic environment. From the explanation above, the authors provide suggestions for schools to improve social networking with the right strategy or method.

Keywords: Policy, Zoning, Education

References

Alfian, M. A. (2019). Politik Zonasi Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia "Suatu Telaah Awal Zoning Politics In Educational Practices In Indonesia" A Preliminary Study. POLITICON: Jurnal Ilmu Politik, 1(2), 118–134.
Aryawan, M., Rahyuda, I. K., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Faktor Corporate Social Responsibility (Aspek Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan) Terhadap Citra Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(2), 604–633.
Asmara, A. Y. (2020). PERLUNYA INDEKS AKSES PENDIDIKAN DALAM RANGKA PENETUAN
DAERAH KHUSUS Kholid Novianto Saiful Bari Ingga Vistara Abstrak. Journal of Public Sector Innovations, 5(1), 36–42.
Asyiah, S., Adnan, M. F., & Mubarak, A. (2018). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Kabupaten Pasaman. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 1.
Bakar, K. A. A., Supriyati, Y., & Hanafi, I. (2019). The Evaluation of Admission Student Policy based on Zoning Sys-tem for Acceleration Education Quality in Indonesia. Journal of Management Info, 6(2), 19–24.
Dharmawan, G. F. (2020). Dampak Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Negeri bagi Para Guru dan Siswa. The Conversation.
Díez, F., Villa, A., López, A. L., & Iraurgi, I. (2020). Impact of quality management systems in the performance of educational centers: educational policies and management processes. Heliyon, 6(4).
Giannopoulou, I., Efstathiou, V., Triantafyllou, G., Korkoliakou, P., & Douzenis, A. (2020). Adding stress to the stressed : Senior high school students ’ mental health amidst the COVID-19 nationwide lockdown in Greece. Psychiatry Research, August, 529. 113560.
Husna, N. Q. N. (2018). Analisis persebaran asal siswa sma favorit di kabupaten sleman daerah istimewa yogyakarta.
Ismabela, J. (2019). The Impact of Zoning System to Student Achievement and School Innovation. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 387 3rd, 387(Icei), 292–294.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Sistem Zonasi Strategi Pemerataan Pendidikan yang Bermutu dan Berkeadilan. Pusat Data Dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan. Krippendoff, K. (2018). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Citra Niaga Rajawali Press.
Makmur. (2011). Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Rafika Aditama.
Martitah. (2019). Zoning System of Education as a Strategy for Equalizing Education Quality in the Disruptive Era ( Legal Aspect Review ). 335(ICESSHum), 32–36.
Nanggala, A. (2020). Analisis Wacana Pembaharuan Kebijakan Zonasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim Sebagai Solusi Pemerataan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 8 No. 2 (Mei, 2020), 8(2), 46–56.
Rahman. (2013). Pengaruh Karakteristik Individu, Motivasi dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Donggala.
Saputro, A. (2018). “Implementasi Kebijakan Pengalihan Kewenangan Pendidikan Menengah dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Kota Surabaya.
Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. CV Mandar Maju.
Subarsono. (2013). Analisis Kebijakan Publik : Konsep, Teori dan Aplikasi. Pustaka Belajar.
Wahab, S.. (2010). Pengantar Analisis Implementasi Kebijakan Negara. Rineka Cipta.
Published
2021-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 566
PDF Downloads: 724