EVALUASI LAYANAN SURABAYA SINGLE WINDOW (SSW) PADA UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP (UPTSA) KOTA SURABAYA

  • Yazid Dwi Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Indah Prabawati
Keywords: Evaluation, Surabaya Single Window (SSW), licensing services.

Abstract

Pelayanan publik di Indonesia menjadi hal penting yang harus diberikan oleh pemerintahan pusat maupun daerah kepada masyarakat yang dituangkan dalam kebijakan khususnya pelayanan perizinan. Di tengah berkembangnya era reformasi banyak masyarakat yang semakin cerdas dan kebutuhan yang diperlukan semakin meningkat, mendorong pemerintah harus banyak mengeluarkan sebuah kebijakan terkait inovasi di dalam pelayanan publik. Hal tersebut telah menjadi tugas pemerintah daerah dalam pemenuhan terkait pelayanan publik. Salah satunya Kota Surabaya yang mengeluarkan kebijakan e-Government yaitu inovasi pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Kota Surabaya, inovasi tersebut adalah Surabaya Single Window (SSW). SSW ini merupakan sistem pelayanan dalam bidang perizinan. Tujuan dari sistem ini adalah untuk mempersingkat waktu pelayanan dan pengecekan data serta persyaratan di Kota Surabaya. Setelah dilaksanakan dan berjalan beberapa tahun, maka perlu dilakukan perbaikan dengan mempertimbangkan evaluasi yang telah didapatkan baik dari masyarakat atau organisasi pemerintah yang lainnya. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian yaitu metode studi pustaka. Fokus penelitian menggunakan enam kriteria evaluasi yaitu 1) Efektivitas, 2) Efisiensi, 3) Kecukupan, 4) Perataan, 5) Responsivitas, dan 6) Ketepatan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan SSW ini sudah sangat baik namun masih terdapat kelemahan dan kekurangan yang muncul di setiap tahun pelaksanaan seperti tidak semua pelayanan perizinan dapat di akses melalui website SSW. Maka dari itu peneliti menyarankan agar tetap memperbaiki kekurangan program SSW ini dengan alternatif penyempurnaan untuk program SSW. Selain itu unit pelaksana pelayanan SSW juga harus meningkatkan kinerja program SSW guna meminimalisir kesalahan yang akan muncul.

Kata Kunci : Evaluasi, Surabaya Single Window (SSW), Pelayanan Perizinan

 

 

Services in Indonesia important things that must provided by central and regional governments to community as outlined in policies especially licensing services. In midst the development of reform era many people are getting smarter and needs are increasing, encouraging the government to issue a lot policies related to innovation in public services. This has become duty of local governments in fulfilling public services. One of them is city of Surabaya which issued an e-Government policy, namely public service innovation implemented by UPTSA of City Surabaya, this innovation is Surabaya Single Window (SSW). SSW is a service system in licensing sector. Purpose of system to shorten service time and check data and requirements in city of Surabaya. After being implemented and running for several years, it necessary to make improvements by considering the evaluations that have been obtained either from community or other government organizations. This research was conducted using descriptive research with research method, namely literature study method. Focus of study used 6 evaluation criteria, namely 1)Effectiveness, 2)Efficiency, 3)Adequacy, 4)Smoothness, 5)Responsiveness, and 6)Accuracy. Results of study conclude the implementation of SSW has been very good but there are still weaknesses and shortcomings that arise in each year of implementation such as not all licensing services can be accessed through SSW website. Therefore, the researcher suggests that we continue to improve shortcomings of SSW with alternative improvements to SSW program. In addition, SSW service implementation unit must also improve the performance SSW program in order to minimize errors that will arise.

Keywords: Evaluation, Surabaya Single Window (SSW), licensing services.

References

Aripujiati, S. (2019). Laporan Akhir Survey Indeks Kepuasan Masyarakat Bidang Pelayanan Umum UPTSA Dan DPMPTSP Kota Surabaya – Tahun 2019. PT. Iconesia Solusi Prioritas.
Asyiah, S., Adnan, M. F., & Mubarak, A. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Kabupaten Pasaman. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 1–9.
Carlolina, L. A., & Kurniasih, Y. (2020). Reformasi Birokrasi Di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap ( UPTSA ) Melalui Surabaya Single Windows. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), 4(1), 55–65.
Djiwandono, P. I. (2015). Meneliti Itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan Bahasa. In deepublish (1st ed.). Cv Budi Utama.
Farid, M. (2015). Implementasi Electronic Government Melalui Surabaya Single Windows Di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kota Surabaya. Publika, 3(5), 1–8.
Gati, R., Andewi, & Asmorowati, S. (2016). Shifting from e-Government to e-Governance ? Case Study of Surabaya Single Window System as a Tool to Improve the Public Service in Surabaya. International Conference on Contemporary Social Political Affair (ICOCSPA 2016), 2, 123–
132.
Hayat, Nuh, M., Fanani, A. F., Kuntariningsih, A., Hamid, A., Wati, Y. P., Indriyati, Jainuri, Masrun, M. F., Dasril, M., Akibu, R. S., Hajar,
S., Tressa, R., Yunus, & Iqbal, M. M. (2018). Reformasi Kebijakan Publik Perspektif Makro dan Mikro (Hayat (ed.); 1st ed., Vol. 1). PRENADAMEDIA GRUB.
Kumalasari, W., Ismail, & Prasetijowati, T. (2018). Evaluation Of The Single Window (SSW) Surabaya Program Implementation To Increase Licensing Services At The Service Unit Integrated One Roof Of Surabaya City. International Conference on Police and Society, 1, 181–184.
Okalia, F. (2018). Implementasi Strategi Sistem Pelayanan Informasi Dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (Spipise) Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Meningkatkan Investasi Di Provinsi Lampung. Digilib Unila, 85.
Oktarina, S. D., Santoso, T., & Zakariya. (2020). Efektivitas Surabaya Single Window (SSW) Dalam Pelayanan Perizinan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Kota Surabaya. UNTAG SURABAYA REPOSITORY, 1–8.
Pasolong, H. (2010). Teori Administrasi Publik.
Alfabeta.
Pradhina, I. P. (2019). SSW (Surabaya Single Window): Inovasi Sistem Pelayanan Terintegrasi Berbasis Elektronik Terhadap Perwujudan Akuntabilitas Publik Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kota Surabaya. Doctoral Dissertation, Faculty of Social and Political Science, 8(3), 1– 17.
Prasertya, Y. B. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Surabaya Single Window (SSW) Di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Kota Surabaya. 1–11.
Ramli, L., Radianto, L., Azahrawany, A. P., Sampurno, V. F., M, S. B., & Anwar, R. N. I. S. (2019).
Single Window Policy for Trade Licensing in Surabaya. Icps, 846–848.
Schoenefeld, J., & Jordan, A. (2017). Governing policy evaluation? Towards a new typology. Evaluation, 23(3), 274–293.
Sekarsari, R. W., & Rosida, M. A. (2018). Responsivitas Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kota Batu Terhadap Tingginya Tingkat Pengangguran Di Kota Wisata Batu. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(1), 40– 49.
Umiyati, S., Tamrin, M. H., & Maharani, D. G. (2019). Application of Licensing Services Electronic Based Construction Services Business. Advances in Social Sciences Research Journal, 6(11), 27– 35.
Wulansari, A. (2016). Pengembangan Model Penilaian Kematangan Citizen Relationship Management (CiRM) Oriented E-government. 1–153.
Yovita. (2016). Implementasi Penerapan E- Goverment. Kementerian Komunikasi Dan Informatika.
Yudhistira, A., & Niswah, F. (2019). Manajemen Strategi Peningktan Investasi Oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surabaya. Jurnal Administrasi Publik, 7(4), 1–8.
Published
2021-01-16
Section
Articles
Abstract Views: 1176
PDF Downloads: 1253