STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MELALUI PROGRAM TAHU PANAS (TAK TAKUT KEHUJANAN, TAK TAKUT KEPANASAN) OLEH DINAS SOSIAL KOTA SURABAYA

  • Filandita Ananda Kusuma Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Fitrotun Niswah
Keywords: Strategic ,Tahu Panas Program, quality of life

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya menggandeng Dinsos Kota Surabaya untuk meningkatkan kualitas hidup warga. Salah satu upaya dilakukan dengan  membuat suatu program inovasi yang berfokus pada hunian yang layak untuk masyarakat miskin. Program tersebut yaitu Tahu Panas, program ini dimaksudkan untuk memperbaiki rumah yang tidak layak huni. Karena masih adanya warga Surabaya yang rumahnya belum layak huni, dengan adanya program ini diharapkan masyarakat miskin yang memiliki rumah tidak layak huni mendapatkan rumah yang layak dan meningkatkan kualitas hidupnya lebih baik lagi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas hidup melalui program tahu panas oleh Dinsos Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi,wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, Reduksi data,Penyajian data, hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi. Fokus penelitian terdiri dari tiga indikator yaitu Goal Directed Actions yaitu organisasi dan bagaimana mengimplementasikannya, mempertimbangkan semua kekuatan internal (sumber daya dan kapabilitas), serta memperhatikan peluang dan tantangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaanya program ini : Dinsos bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga surabaya dalam memliki rumah sederhana dan sehat melalui program Tahu Panas. Dalam pelaksanaanya juga dibantu oleh UPKM atau Pokmas yang sudah dipilih oleh lurah dimana UPKM ini bertugas untuk memanage segala urusan pembangunan. Dari pihak Dinsos ada pendampingan sebanyak 31 orang yang berada dibidang pemberdayaan sosial dan 1 pendamping memegang 4-5 kelurahan dengan total 154 kelurahan yang ada di Surabaya dalam pelaksanaan program Tahu Panas. Dalam pelaksanaannya sering mengalami kendala terutama pada UPKMnya.

Kata Kunci: Strategi,Program Tahu Panas,Kualitas hidup

 

The Surabaya City Government is collaborating with the Surabaya City Social Service to improve the quality of life of its citizens. One of the efforts is to create an innovation program that focuses on decent housing for the poor. The program, namely Tahu Panas, is intended to repair houses that are unfit for habitation. Because there are still residents of Surabaya whose houses are not yet livable, with this program it is hoped that the poor who have houses that are not suitable for habitation will get decent houses and improve their quality of life to be even better. The purpose of this study was to determine the strategy for improving the quality of life through the Tahu Panas program by the Surabaya City Social Service. This research uses a descriptive qualitative approach. Data collection techniques by means of observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques with data collection, data reduction, data presentation, to drawing conclusions or verification. The research focus consists of three indicators, namely Goal Directed Actions, namely the organization and how to implement it, considering all internal strengths (resources and capabilities), and paying attention to opportunities and challenges. The results showed that in implementing this program: Dinsos aims to improve the welfare and quality of life of Surabaya residents in having a simple and healthy house through the Tahu Panas program. In its implementation, it is also assisted by the UPKM or Pokmas who have been selected by the village head where the UPKM is in charge of managing all development matters. From the Social Agency, 31 people are assisted in the field of social empowerment and 1 assistant holds 4-5 urban villages with a total of 154 villages in Surabaya in implementing the Hot Tofu program. In its implementation, there are often obstacles, especially in the UPKM.

Keywords: Strategic ,Tahu Panas Program, quality of life

References

Admindpu. (n.d.). (2020). “Kajian teori mengenai perumahan dan permukiman membahas mengenai Undang-Undang perumahan dan permukiman, fungsi perumahan, lingkungan permukiman, dan persyaratan permukiman.” Retrieved September 20, 2020, from
https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/52/rumah- perumahan-dan-permukiman
Barbosa dkk. (2020). Sustainable Strategic Management (GES): Sustainability in small business. Journal of Cleaner Production, 258, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.120880
DPP Himperra. (2020). Tiga Strategi Pemerintah Pasok Rumah Layak Huni. Retrieved from https://himperra.org/tiga-strategi-pemerintah-
pasok-rumah-layak-huni/
INVESTMENTS, I. (2017). Penduduk Indonesia. Retrieved September 22, 2020, from https://www.indonesia- investments.com/id/budaya/penduduk/item67?#:~:t ext=Dengan jumlah total populasi sekitar,terpadat nomor empat di dunia.
Kurnia dkk. (2013). Strategi Humas dalam Meningkatkan Reputasi Sekolah (Studi Kasus di SMA Negri 1 Surakarta). Jupe UNS, I(2), 1–15. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/13532- ID-strategi-humas-dalam-meningkatkan-reputasi- sekolah-studi-kasus-di-sma-negeri-1-s.pdf
Lukuman, M., Sipan, I., Raji, F., & Aderemi, O. S. (2017). Sustainable livable housing: A review of what traditional urban areas residents find important. International Journal of Built Environment and Sustainability, 4(3), 190–198. https://doi.org/10.11113/ijbes.v4.n3.212
Madia, F. (2018). 3 Terobosan Surabaya Ini Jadi Top 99 Sistem Inovasi Pelayanan Publik. Retrieved March 2, 2020, from https://www.idntimes.com/news/indonesia/fitria- madia/3-terobosan-surabaya-ini-jadi-top-99-sistem- inovasi-pelayanan-publik/3
Meirinawati, & Niswah, F. (2015). Manajemen Strategi Sektor Publik. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?user=xRXJUn kAAAAJ&hl=en
MENPANRB, H. (2020). Warga Surabaya Nikmati Rumah Layak Huni Berkat “Tahu Panas.” Retrieved March 2, 2020, from https://menpan.go.id/site/berita-terkini/warga- surabaya-nikmati-rumah-layak-huni-berkat-tahu- panas
Mishchuk, H., & Grishnova, O. (2015). Empirical study of the comfort of living and working environment - Ukraine and Europe: Comparative assessment. Journal of International Studies, 8(1), 67–80. https://doi.org/10.14254/2071-8330.2015/8-1/6
Nisa, N. K., & Salomo, R. V. (2019). Keterlibatan Masyarakat dalam Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Pabedilankulon Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 1–7. https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p1-7
Palmer, J., & Ward, S. (2013). The livable and adaptable house, (October), 455–460.
Phannu.ari. (2019). ’Tahu Panas’’, Inovasi Layanan Publik Pemkot Surabaya Yang Mangstab. Retrieved March 2, 2020, from https://www.kaskus.co.id/thread/5c97667ce83c7% 092547f61c09d/tahu-panas-inovasi-layanan-
%09publik-pemkot-surabaya-yang-mangstab/
Pinto, S., Fumincelli, L., Mazzo, A., Caldeira, S., & Martins, J. C. (2017). Comfort, well-being and quality of life: Discussion of the differences and similarities among the concepts. Porto Biomedical Journal, 2(1), 6–12. https://doi.org/10.1016/j.pbj.2016.11.003
Prasetiya, A. Y. (2020). STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PEMBAYARAN SURAT IZIN MENGEMUDI MELALUI PROGRAM CASHLESS PAYMENT SYSTEM ( CPS ) DI KANTOR SATLANTAS POLRES GRESIK. Publika, 8(4), 1–10.
Prasojo, L. D. (2018). Manajemen Strategi. Yogyakarta: UNY Press.
Purnama, M. B. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PUNCAK TAPAN ANDONGSARI OLEH BUMDES NGANDONG JAYA MAKMUR DI DESA NGANDONG KECAMATAN GRABAGAN KABUPATEN TUBAN. Publika, 8(5), 1–10.
Romdoni, D. (2013). Evaluasi dampak program bantuan rumah dinas tata Kota Tangerang Selatan untuk keluarga berumah tidak layak huni di Kampung Sentul Ciater. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456 789/41821
Teneh, dkk. (2019). DAMPAK UPAH MINIMUM PROVINSI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI PULAU SULAWESI (2014-
2018). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19((04)),
72–83.
Tselios, V., & Tompkins, E. L. (2019). What causes nations to recover from disasters? An inquiry into the role of wealth, income inequality, and social welfare provisioning. International Journal of Disaster Risk Reduction, 33, 162–180. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2018.10.003
Utomo, D. (2014). Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Rumah Tangga Miskin (Studi Pada Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(1), 29–34.
Walikota Surabaya Provinsi Jawa Timur. (2019). Peraturan Walikota Surabaya Nomor 6 tahun 2019 Tentang Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni. Retrieved September 22, 2020, from https://jdih.surabaya.go.id/pdfdoc/perwali_2049.% 09Pdf
Wanto, A. H. (2017). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS KONSEP SMART CITY
Alfi Haris Wanto Abstrak. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39–43.
Yudohusodo, S. (1991). Rumah Untuk Seluruh Rakyat. Jakarta: INKOPPOL, Unit Percetakan Bharakerta, 1991.
Published
2021-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 586
PDF Downloads: 533