PENERAPAN E-PERFORMANCE DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL KOTA SURABAYA

  • Aimi Lisia Febriani Universitas Negeri Surabaya
  • Indah Prabawati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: e-Performance, performance, employees

Abstract

Guna meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil dan mewujudkan Good Corporate Governance di Kota Surabaya, Pemerintah Kota Surabaya menciptakan suatu sistem informasi manajemen kinerja berbasis web dan aplikasi yang berguna untuk memonitor kinerja pegawai sekaligus pedoman dalam pemberian besaran uang kinerja PNS, yang dinamakan e-Performance. E-Perfomance diterapkan di Kota Surabaya sejak tahun 2011 melalui Peraturan Walikota Nomor 86 Tahun 2011 tentang petunjuk Teknis Uang Kinerja pada Belanja Langsung yang kini telah diubah ke Peraturan Walikota No. 13 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Uang Kinerja pada Belanja Langsung kepada PNSD di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan e-Performance dalam  meningkatkan kinerja PNS di Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang dianalisis menggunakan Teori e-Government yang dikemukakan oleh Harvard JFK School of Government  dengan mengkaji tiga elemen, yaitu: Support (political will, infrastruktur, dan sosialisasi), Capacity (SDM dan Sumber Daya Finansial) dan Value. Hasil penelitian ini berdasarkan ketiga elemen tersebut, e-Peformance Surabaya berhasil meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil Kota Surabaya. Namun pada elemen Support, ditemukan hambatan seperti keterbatasan sarana prasarana dan sosialisasi internal. Sementara itu pada elemen capacity, masih ditemukan permasalahan terkait kemampuan, pemahaman dan kesadaran pegawai dalam mengoperasikan sistem e-Performance. Untuk elemen value tidak ditemui hambatan di dalamnya. Saran dalam penelitian ini adalah perlunya pemenuhan sarana prasarana pendukung, perlu diadakannya sosialisasi intern yang berkelanjutan dan himbauan kepada pegawai untuk menginput kegiatannya ke dalam sistem.

Kata Kunci: e-Performance, kinerja, pegawai

 

In order to improve the performance of Civil Servants and realize Good Corporate Governance in the City of Surabaya, the Surabaya City Government has created a web-based performance management information system and applications that are useful for monitoring employee performance as well as guidelines in granting the amount of PNS performance money, called e-Performance. E-Performance has been implemented in the City of Surabaya since 2011 through Mayor Regulation Number 86 of 2011 concerning Technical Guidelines for Performance Money in Direct Spending which has now been amended to Mayor Regulation No. 13 of 2019 concerning Technical Guidelines for Giving Performance Money in Direct Expenditures to PNSD within the Surabaya City Government. The purpose of this study was to describe the application of e-Performance in improving the performance of civil servants in the city of Surabaya. This research is a literature research that is analyzed using e-Government theory proposed by Harvard JFK School of Government by examining three elements, namely: Support (political will, infrastructure, and outreach), Capacity (HR and Financial Resources) and Value. The results of this study are based on these three elements, e-Performance Surabaya has succeeded in improving the performance of Surabaya City Civil Servants. However, in the Support element, obstacles were found such as limited infrastructure and internal socialization. Meanwhile, in the capacity element, problems are still found related to the ability, understanding and awareness of employees in operating the e-Performance system. For the value element, there are no obstacles in it. Suggestions in this study are the need to fulfill supporting infrastructure, continuous internal socialization and appeals to employees to input their activities into the system.

Key Words: e-Performance, performance, employees

References

Adibowo, Rino, and Sylvia Octa Putri. 2016. “PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PARADIPLOMASI PEMERINTAH KOTA BANDUNG.” Volume VI(2):10.
Alshehri, Mohammed Abdulrahman, and Steve Drew. 2010. “Implementation of E-Government: Advantages and Challenges.” International Conference E-Activity and Leading Technologies 2010 79–86.
Anshori, Teresa Irmina Nangameka &. Ahmad Ridho. 2018. “EFEKTIVITAS SISTEM E- PERFORMANCE DALAM MENUNJANG KINERJA PEGAWAI DI KECAMATAN GUNUNGANYAR KOTA SURABAYA
PROVINSI JAWA TIMUR Teresa.” Institut Pemerintahan Dalam Negeri 6:171–94.
Aritonang, Dinoroy Marganda. 2017. “The Impact of E- Government System on Public Service Quality in Indonesia.” European Scientific Journal, ESJ 13(35):99.
Aslam, Hassan Danial, Mehmood Aslam, Naeem Ali, and Badar Habib. 2014. “Importance of Human Resource Management in 21st Century: A Theoretical Perspective.” International Journal of Human Resource Studies 3(3):87.
Azizah, Wafiq Ima, Zuhriatu Mahmudah, and Arimurti Kriswibowo. 2020. “Political Will Pemerintah Kabupaten Jombang Terhadap Penanggulangan Kemiskinan Di Masyarakat Desa Political Will of Jombang District Government on Poverty Reduction in Village Communities.” 1(April).
Bachtiar, Aditya Rahmat. 2013. “EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM E-PERFORMANCE DI DINAS TENAGA KERJA KOTA SURABAYA.” 1–12.
Bappeko, Surabaya. 2020. “Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Surabaya Tahun 2021.” Baya 44(12):243–54.
Bennington, Lynne, and Ahmad D. Habir. 2003. “Human Resource Management in Indonesia.” Human Resource Management Review 13(3):373–92.
Damayanti, Sellaganjis. 2014. “Penggajian Berbasis Kinerja Di Sekretariat Pemerintah Kota Surabaya Melalui Program E-Performance Dan Tambahan Penghasilan Pegawai ( TPP ).” 2:1–10.
Efendi, Akhyar, dkk. 2006. “Manajemen Pegawai Negeri Sipil Yang Efektif.” (8):1–31.
Firdaus, Mochammad. 2018. “Penerapan Sistem E- Performance Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Dinas Pendidikan Kota Surabaya.”
Handoyo, Eko. 2012. “Kebijakan Publik.” Kebijakan Publik Deliberatif 1–315.
Herdinawati, Betty. 2014. “Analisis Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Surabaya Melalui Electronic Performance.”
Hertati, Diana. 2019. “Kebijakan Remunerasi Pns Berbasis E-Performance Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Kantor Regional Ii Badan Kepegawaian Negara Surabaya Provinsi Jawa Timur.” Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara 9(1).
Https://eperformance.surabaya.go.id/2020/. 2020.
“EPerformance | Pemerintah Kota Surabaya.” Retrieved October 1, 2020
(https://eperformance.surabaya.go.id/portal/).
Https://humas.surabaya.go.id/. n.d. “E-Performance Ala Wali Kota Risma Jadi Contoh Kabupaten Pulang Pisau Kalteng – Bangga Surabaya.” Retrieved November 10, 2020
(https://humas.surabaya.go.id/2019/10/11/e- performance-ala-wali-kota-risma-jadi-contoh- kabupaten-pulang-pisau-kalteng/).
Indrajit, Richard E. 2016. “Konsep Dan Strategi Electronic Government.” Electronic Government 84.
Kemenkeu, JDIH. 1999. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 1999 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1974 TENTANG POKOK-POKOK KEPEGAWAIAN.” 1–11.
Kuhltau, Carol Collier. 2002. Teaching The Library Research Process. USA: Scarecrow Press Inc.
Latuserimala, Nick Mathias. 2015. “STUDI DESKRIPTIF TENTANG EFEKTIVITAS SISTEM E- PERFORMANCE DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA DAN PEMATUSAN KOTA SURABAYA.”
Maryam, Neneng Siti. 2016. “MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE MELALUI PELAYANAN
PUBLIK.” Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi
Volume VI(2):1–18.
Ombudsman. 2019. “Jumlah Laporan Di Surabaya Tertinggi.” Retrieved November 7, 2020
(https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwk-- jumlah-laporan-di-surabaya--tertinggi).
Pradikta, Eggyawang Setia. 2014. “Efektivitas Program E- Performance Sebagai Upaya Untuk Mewujudkan Peningkatan Kinerja Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Surabaya.” 2:1–10.
Report, Insight, Klaus Schwab, and World Economic Forum. 2019. The Global Competitiveness Report.
Rizka, Suwitri, Djumiarti. 2015. “ANALISIS PENERAPAN WEBSITE DALAM RANGKA E- GOVERNMENT DI KABUPATEN TEGAL.” 18:23.
Siddique, Waqar. 2016. “Critical Success Factors Affecting E-Government Policy Implementation in Pakistan.” JeDEM - EJournal of EDemocracy and Open Government 8(1):102–26.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif.
Bandung: Alfabeta.
Surabaya, Dinkominfo. 2019. ANALISIS KELUHAN MASYARAKAT BULAN JANUARI S/D DESEMBER TAHUN 2019. Vol. 110.
Syafrina, Muhairiyah. 2016. “Pengaruh Sistem E- Performance Terhadap Kinerja Dan Kompensasi Pegawai Negeri Sipil.” Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi 5.
Syafriyani, Ida, and Yuli Putri Zaituna. 2019. “Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Administrasi Kepegawaian: Studi Di Bkpsdm Kabupaten Sumenep.” JPSI (Journal of Public Sector Innovations) 3(1):28.
Wahyudin, Yuyun. 2009. “Belajar, Teori Carl, Humanistik Rogers, Ransom Terhadap, Implikasinya Pembelajaran, Metode.”
Wanto, Alfi Haris. 2017. “KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS KONSEP SMART CITY Alfi
Haris Wanto Abstrak.” JPSI (Journal of Public Sector Innovations)Ournal of Public Sector Innovations, 2(1):39–43.
Widjanarko, Ayu Citra Ningsih. 2018. “PENGUKURAN KINERJA DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA DAN PEMATUSAN KOTA SURABAYA DALAM PERSPEKTIF VALUE FOR MONEY.”
Wimastuti, Nina. 2016. “Efektivitas Penerapan Sistem E- Performance Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Surabaya.” Kebijakan Dan Manajemen Publik 4(April):1–8.
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan.
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Published
2021-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 1173
PDF Downloads: 685